Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Pengelola Perpustakaan Di SD Negeri 4 Banda Aceh

Jemari, 160503076 (2022) Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Pengelola Perpustakaan Di SD Negeri 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Pengelola Perpustakaan Di SD Negeri 4 Banda Aceh] Text (Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Pengelola Perpustakaan Di SD Negeri 4 Banda Aceh)
Jemari, 160503076, FAH, IP, 082240695278.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Pengelola Perpustakaan di SD Negeri 4 Banda Aceh” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap kompetensi pengelola perpustakaan di SDN 4 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini ada 10 guru yang terdiri dari guru PNS dan Non PNS di SD Negeri 4 Banda Aceh. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa persepsi guru terhadap kompetensi pengelola perpustakaan di SD Negeri 4 Banda Aceh, baik itu kompetensi personal maupun professional pengelola perpustakaan ini secara keseluruhan sudah termasuk ke dalam kategori sangat baik yaitu dengan nilai (92%). Komponen-komponen yang termasuk kedalam kategori baik yaitu kemampuan dalam berkomunikasi, keterampilan mengelola emosional, keterampilan dalam etika dan moral, kemampuan mengklasifikasikan koleksi, kemampuan mengelola informasi dan kemampuan dalam penguasaan teknologi. Walaupun dalam penerapannya masih ada kekurangan dalam komponen kemampuan membuat program yaitu dengan nilai (50%) yaitu pada kompetensi professional pengelola perpustakaan, dari persepsi para guru dapat dilihat bahwa dari kedua kompetensi tersebut guru menyatakan jika kompetensi personal sudah lebih baik daripada kompetensi professionalnya sehingga guru berharap agar pengelola perpustakaan dapat meningkatkan kompetensi profesionalnya dengan mengikuti pelatihan ataupun kegiatan yang berkaitan dengan kepengelolaan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Jemari Jemari
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:04
Last Modified: 23 Sep 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23329

Actions (login required)

View Item
View Item