Efektivitas Arang Aktif Kulit Durian (Durio Zibethinus Murr.) Sebagai Media Filter Dalam Menyisihkan Parameter COD Dan TSS Pada Limbah Cair Rumah Pemotongan Hewan

Ulfa Magnum, 170702024 (2022) Efektivitas Arang Aktif Kulit Durian (Durio Zibethinus Murr.) Sebagai Media Filter Dalam Menyisihkan Parameter COD Dan TSS Pada Limbah Cair Rumah Pemotongan Hewan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Arang Aktif Kulit Durian (Durio Zibethinus Murr.) Sebagai Media Filter Dalam Menyisihkan Parameter Cod Dan Tss Pada Limbah Cair Rumah Pemotongan Hewan] Text (Efektivitas Arang Aktif Kulit Durian (Durio Zibethinus Murr.) Sebagai Media Filter Dalam Menyisihkan Parameter Cod Dan Tss Pada Limbah Cair Rumah Pemotongan Hewan)
Ufa Magnum, 170702024, FST, TL, 085215546681.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan penghasil komoditas pangan yang besar dari sektor perkebunan. Salah satunya konsumsi buah durian yang tumbuh baik di Indonesia. Sebanyak 60-75% bagian dari buah durian berupa kulit. Kulit durian dapat menjadi bahan alternatif untuk bahan baku pembuatan arang aktif yang potensial karena kandungan kulit durian mengandung karbon dan selulosa yang tinggi. Kandungan kulit durian terdiri dari carboxy methyl cellulose sebesar 50-60%. Kandungan selulosa yang tinggi akan berpengaruh pada proses pengarangan kulit durian menjadi arang aktif. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas arang aktif kulit durian untuk menyisihkan kadar parameter COD, TSS dan menyesuaikan parameter pH pada limbah cair rumah pemotongan hewan. Metode filtrasi merupakan salah satu metode yang penting dalam proses pengolahan air limbah dan terbukti efektif dalam menurunkan serta mengurangi zat pencemar yang terkandung pada air limbah. Penggunaan kulit durian untuk media filtrasi dikombinasi dengan variasi ketebalan dari setiap unit filter. Eksperimen filtrasi menggunakan variasi ketebalan media arang aktif kulit durian yang tersusun dari ketebalan 0 cm, 15 cm, dan 25 cm. Pengukuran eksperimen pada parameter pH dengan hasil akhir konsentasi 6,2 yang bersifat asam. Persentase efektivitas terbaik pada setiap unit filter terjadi pada unit filter 1 dengan ketebalan arang aktif 25 cm. Hasil persentase efektivitas untuk parameter COD 96,80% dan TSS sebesar 40,12%. Berdasarkan hasil akhir eksperimen tersebut membuktikan bahwa pengolahan air limbah menggunakan metode filtrasi serta kombinasi variasi ketebalan pada media filter dapat menurunkan kadar zat pencemar yang terdapat pada limbah cair rumah pemotongan hewan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Filtrasi, pasir silika, zeolit, arang aktif, kulit durian, rumah pemotongan hewan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ulfa Magnum Ulfa
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:08
Last Modified: 23 Sep 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23330

Actions (login required)

View Item
View Item