Dampak Jam Buka Layanan Perpustakaan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Perpustakaan MAN Aceh Barat Daya

Resa Agustira, 170503035 (2022) Dampak Jam Buka Layanan Perpustakaan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Perpustakaan MAN Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Dampak Jam Buka Layanan Perpustakaan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Perpustakaan MAN Aceh Barat Daya] Text (Dampak Jam Buka Layanan Perpustakaan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Perpustakaan MAN Aceh Barat Daya)
Resa Agustira, 170503035, FAH, IP, 082273412894.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dampak Jam Buka Layanan Perpustakaan terhadap Motivasi Belajar Siswa di Perpustakaan MAN Aceh Barat Daya”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah jam buka layanan perpustakaan di masa pandemi covid-19 berdampak pada motivasi belajar siswa di perpustakaan MAN Aceh Barat Daya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menelusuri dampak jam buka layanan perpustakaan pada masa pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar siswa di perpustakaan MAN Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di perpustakaan MAN Aceh Barat Daya dengan populasi sebanyak 502 orang dan menggunakan teknik Insidental Sampling dengan sampel sebanyak 83 orang pemustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan penyebaran angket/kuesioner dan dokumentasi. berdasarkan hasil persamaan regresi Y = a + bX yang menghasilkan Y = 1.879 + 0.796 sehingga koefisisen korelasi dinyatakan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel, koefisien korelasi bernilai positif yaitu sebanyak 0.796. hal tersebut membuktikan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara jam buka layanan dan motivasi belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikan pada regresi adalah 0.000<0.05 atau 5% taraf kesalahan yang telah ditentukan yang menyatakan bahwa adanya dampak yang signifikan dari jam buka layanan perpustakaan pada masa pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar siswa di perpustakaan MAN Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Resa Agustira
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:07
Last Modified: 23 Sep 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23332

Actions (login required)

View Item
View Item