Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMP Negeri 2 Pematang Siantar

Mutiara Tri Octamil, 180207045 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMP Negeri 2 Pematang Siantar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMP Negeri 2 Pematang Siantar] Text (Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMP Negeri 2 Pematang Siantar)
Mutiara Tri Octamil, 180207045, FTK, PBL, 082360701376.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Masalah yang ditemukan di SMP Negeri 2 Pematang Siantar yaitu media pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga membuat siswa kurang memahami materi yang disampaikan dan kurangnya minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-booklet pada materi sistem ekskresi, mendeskripsikan hasil validasi pengembangan media e-booklet dan mendeskripsikan hasil respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran e-booklet pada materi sistem ekskresi di SMP Negeri 2 Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek dari penelitian ini adalah 2 orang dosen Pendidikan Biologi dan 26 siswa kelas VIII-11 SMP Negeri 2 Pematang Siantar. Objek dari penelitian ini adalah kelayakan materi dan media e-booklet. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengisi lembar validasi uji kelayakan dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media e-booklet pada materi sistem ekskresi oleh ahli media dengan persentase 80% dengan kriteria layak, hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase 80% dengan kriteria layak, hasil respon siswa untuk uji media pembelajaran e-booklet memperoleh hasil sebesar
79,22% dengan kriteria positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Mutiara Tri Octamil
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:14
Last Modified: 23 Sep 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23335

Actions (login required)

View Item
View Item