Keanekaragaman Jenis Burung Air Di Danau Laut Tawar Zona Lut Tawar Aceh Tengah Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan

Jihan Khairunnisa, 180207020 (2022) Keanekaragaman Jenis Burung Air Di Danau Laut Tawar Zona Lut Tawar Aceh Tengah Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keanekaragaman Jenis Burung Air Di Danau Laut Tawar Zona Lut Tawar Aceh Tengah Sebagai Referensi  Mata Kuliah Ekologi Hewan] Text (Keanekaragaman Jenis Burung Air Di Danau Laut Tawar Zona Lut Tawar Aceh Tengah Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan)
Jihan Khairunnisa, 180207020, FTK, PBL, 082291044396.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Aktivitas masyarakat yang tingggi dalam membuka lahan memicu terjadinya perpindahan habitat bagi beberapa spesies burung air di Danau Laut Tawar. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi jenis burung air yang terdapat di Zona Lut Tawar, menganalisis tingkat keanekaragaman burung air, dan menganalisis hasil uji kelayakan terhadap output yang dihasilkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode survey eksploratif dengan melakukan observasi langsung pada lokasi dan objek pengamatan. Penelitian dibagi atas 10 titik hitung yang tersebar di sepanjang Zona Lut Tawar. Analisis data menggunakan indeks Diversitas Shannon-Weiner dan analisis uji kelayalan menggunakan lembar observasi dan validasi. Hasil penelitian diketahui bahwa di Zona Lut Tawar terdapat 6 jenis burung air tergolong dalam 3 famili. Keanekaragaman burung air di Danau Laut Tawar Zona Lut Tawar tergolong rendah yaitu dengan indeks keanekaragaman 1,14327. Bentuk hasil penelitian keanekaragaman jenis burung air yang ditemukan di Danau Laut Tawar dalam bentuk buku saku yang memperoleh presentase kelayakan materi 97% dan kelayakan media 80% yang termasuk kategori sangat layak sebagai bacaan. Maka disimpulkan bahwa keanekaragaman jenis burung air di Zona lut Tawar tergolong rendah dengan Ĥ= 1,14327 dan bentuk hasil penelitian berupa buku saku memperoleh hasil presentase kelayakan materi 97% dan media 80% yang tergolong kategori sangat layak di jadikan sebagai bacaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Danau Laut Tawar, Burung Air, Indeks Keanekaragaman, Ekologi Hewan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Jihan Khairunnisa Jihan
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:09
Last Modified: 26 Sep 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item
View Item