Pengaruh Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Secara Hidroponik Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan

Sharah Umami, 180207006 (2022) Pengaruh Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Secara Hidroponik Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Secara Hidroponik Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan] Text (Pengaruh Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Secara Hidroponik Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan)
Sharah Umami, 180207006, FTK, PBL, 082246913942.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pakcoy (Brassica rapa L.) merupakan salah satu jenis sayur yang tergolong ke dalam famili Brassiccaceae yang memiliki kemiripan dalam beberapa jenis pada kelompok yang sama, seperti sawi putih dan sawi hijau. Salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman pakcoy dengan pemberian pupuk organik cair dari kotoran kambing yang kemelimpahannya di alam dan mengandung unsur hara makro seperti nitrogen, kalium, fosfor, dapat meningkatkan pH dan C- Organik. Upaya lainnya untuk meningkatkan produktifitas tanaman yaitu dengan menggunakan teknik hidroponik yang merupakan teknik menanam dengan menggunakan media air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) secara hidroponik dan menghasilkan produk sebagai penunjang praktikum fisiologi tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode RAL dengan 5 perlakuan dan 5 pengulanggan dengan total unit sebanyak 25 satuan. Parameter yang diukur adalah tinggi batang dan jumlah daun tanaman pakcoy serta pengukuran ppm, suhu, dan pH pupuk organik cair. Data yang diperoleh dari analisis dengan ANAVA dengan taraf signifikan 5% dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi dan lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan tinggi batang paling baik pada perlakuan P0 (kontrol) dengan rata-rata 61,08 cm dan P1 dengan rata-rata 10,12 cm. pertumbuhan jumlah daun paling baik pada perlakuan P0 (kontrol) dengan rata- rata 22,6 dan P1 dengan rata-rata 10,2. Hasil analisis modul praktikum yaitu 80% yang berarti layak digunakan. Kesimpulan penelitian ini bahwa pupuk organik cair kotoran kambing berbeda nyata terhadap pertumbuhan tinggi batang dan jumlah daun tanaman pakcoy.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pupuk Organik Cair Kotoran Kambing, Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.), Penunjang Praktikum.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sharah Umami Sharah
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:23
Last Modified: 07 Oct 2022 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23339

Actions (login required)

View Item
View Item