Persepsi Masyarakat terhadap Pelaksanaan Syariat islam di Aceh

Lukman Hakim, 197506241999031001 (2022) Persepsi Masyarakat terhadap Pelaksanaan Syariat islam di Aceh. Dinas Syari'at Islam Pemerintahan Aceh, Banda Aceh. ISBN 978-602-171962-26

[thumbnail of Buku ini membahas tentang persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan syariat Islam di Aceh] Text (Buku ini membahas tentang persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan syariat Islam di Aceh)
Perspektif Masyarakat (Lengkap).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB)

Abstract

Secara sosiologis, penerapan syariat Islam di Aceh didukung oleh sistem sosial dan budaya masyarakat yang kental dengan nilai-nilai keislaman. Dinas syariat Islam sebagai ujung tombak pelaksanaan syariat Islam dengan segala dinamikanya telah mencoba melakukan yang terbaik meskipun tentunya masih menyisakan berbagai sisi kelemahan dan kekurangan. Masyarakat menilai eksistensi pemerintah Aceh khususnya Dinas Syariat Islam sebagai roda penggerak jalannya syariat Islam di Aceh sudah memiliki kekuatan yang penting dalam menerapkan berbagai program yang diusung, meskipun masih banyak ditemukan kendala dalam perjalannya. Akan tetapi, dukungan dari masyarakat dan berbagai elemen lainnya sangat memberi pengaruh yang positif. Untuk penguatan penerapan syariat Islam di masa mendatang dibutuhkan keselarasan dari seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan komitmen yang seirama untuk menguatkan cita-cita pelaksanaan Islam secara kaffah. Sudah seharusnya pelaku-pelaku utama untuk selalu mengedepankan harmonisasi pelaksanaan syariat Islam yang bisa diwujudkan melalui pembaharuan komitmen, perilaku, penyediaan anggaran, dan melalui terobosan-terobosan program yang efektif. Dengan upaya ini diharapkan implementasi syariat Islam tidak hanya menjadi harapan belaka, akan tetapi ia akan menjadi kenyataan.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Lukman Hakim
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:09
Last Modified: 20 Oct 2022 08:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23343

Actions (login required)

View Item
View Item