Penerapan Scientifik Approach untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN Tungkop Aceh Besar

Reza Safitri, 201223431 (2017) Penerapan Scientifik Approach untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN Tungkop Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Mengenai tentang Scientifik Approach)
REZA SAFITRI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan proses membelajarkan siswa dalam mempelajari
peristiwa yang terjadi di alam melalui serangkaian proses ilmiah sehingga tercapai
tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran IPA tersebut digunakan
untuk mengembangkan potensi sikap, berpikir, berperilaku dan supaya dapat
mengembangkan keterampilan dasar yang terdapat pada diri siswa. Peningkatan hasil
belajar siswa sangat dipengaruhi oleh suatu Model atau Pendekatan pembelajaran
yang diterapkan siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang
aktif perlu dikembangkan untuk dapat meningkatkan penguasaan pembelajaran. Salah
satu pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah pendekatan
Scientifik Approach. Dalam hal, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui
aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dengan menggunakan
pendekatan Scientifik Approach pada materi hewan langka dan hewan tidak langka
kelas IV semester Genap. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas
dengan subjek siswa kelas IV-4 MIN Tungkop Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017
yang terdiri dari 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar observasi (guru dan siswa) dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan
analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan
bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar 72% berada pada katagori baik, dan
mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85% (katagori sangat baik), sedangkan
aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69% berada pada katagori (baik), dan pada silkus
II mengalami peningkatan sebesar 82% (katagori sangat baik). Sedangkan hasil
belajar siswa pada siklus I sebesar 64,86% berada pada kategori cukup, dan pada
siklus II mengalami peningkatan adalah 86% pada kategori sangat baik. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Scientifik Approach pada
materi hewan langka dan hewan tidak langka dapat meningkatkan hasil belajar siswa
di kelas IV-4 MIN Tungkop Aceh Besar. Dengan demikian diharapkan agar
penelitian selanjutnya dapat menggunakan pendekatan Scientifik .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Misbahul Jannah, M.Pd.,Ph.D; 2. Sri Mutia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Scintifik Approach; Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Reza Safitri
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:03
Last Modified: 26 Jan 2018 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2335

Actions (login required)

View Item View Item
TOP