Pengembangan Modul Inovatif Berbasis QR CODE Technology Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMA Negeri 3 Putra Bangsa

Harizki Ananda Putra, 170207053 (2022) Pengembangan Modul Inovatif Berbasis QR CODE Technology Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMA Negeri 3 Putra Bangsa. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Modul Inovatif Berbasis QR CODE  Technology Pada Materi Sistem Ekskresi  Di SMA Negeri 3 Putra Bangsa] Text (Pengembangan Modul Inovatif Berbasis QR CODE Technology Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMA Negeri 3 Putra Bangsa)
Harizki Ananda Putra, 170207053, FTK, PBL, 082304066884.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian Pengembangan Modul Inovatif Berbasis Qr Code Technology pada Materi Sistem Ekskresi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan bahan ajar pendukung pembelajaran yang selama proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan Modul Inovatif Berbasis Qr Code Technology dan respon peserta didik terhadap Modul Inovatif Berbasis Qr Code Technology. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan model Borg and Gall terdiri dari (1) Penelitian dan pengumpulan data. (2) Perencanaan. (3) Pengembangan draf produk. (4) Validasi Desain. (5) Revisi Produk. (6) Uji coba lapangan. (7) Revisi Produk Operasional. (8) Uji Coba Lapangan Operasional. (9) Revisi Produk Akhir. (10) Penyebaran dan penerapan. Namun pada peneltitian ini, peneliti hanya melakukan sampai tahap ketujuh saja sesuai dengan kebutuhan. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk melihat kelayakan dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar berdasarkan kualitas media diperoleh persentase 86,2% dengan kriteria sangat layak, kelayakan berdasarkan materi mendapatkan persentase 88,7% kriteria sangat layak serta respon peserta didik terhadap modul inovatif yang dikembangkan memperoleh persentase 89% dengan kriteria sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Respon peserta didik terhadap Modul Inovatif Berbasis Qr Code Technology pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 3 Putra Bangsa sangat tinggi dan layak digunakan sebagai Bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Harizki Ananda Putra Rizki
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:47
Last Modified: 26 Sep 2022 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23355

Actions (login required)

View Item
View Item