Pendekatan Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Hidup Bersih dan Sehat di kelas II MIN Muereu Indrapuri

Maghfirah, 20122429 (2017) Pendekatan Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Hidup Bersih dan Sehat di kelas II MIN Muereu Indrapuri. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Mengenai tentang Pendekatan Tematik; Hasil Belajar)
MAGHFIRAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendekatan tematik merupakan pembelajaran yang baru diaplikasikan di sekolah MIN Mureu kecamatan indrapuri dan suatu inovasi baru bagi para guru dalam
penerapannya di kelas. Namun dalam hal aktivitas siswa di kelas masih banyak
siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena
guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa
cenderung pasif. Saat pembelajaran berlangsung siswa lebih banyak duduk,
mendengarkan, mencatat dan mengerjakan soal latihan sehingga potensi yang
dimiliki siswa kurang berkembang. Pendekatan pembelajaran yang aktif perlu
dikembangkan untuk dapat meningkatkan penguasaan pembelajaran. Salah satu
pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah pendekatan
tematik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan
pendekatan tematik pada tema Hidup Bersih dan Sehat kelas II semester genap.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
siswa kelas II MIN Muereu Indrapuri sedangkan teknik pengumpulan data
menggunakan: (1) Lembar observasi(guru dan siswa), (2) soal tes kemudian
dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I dengan nilai rata rata yaitu
2,91 dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapat nilai rata-rata 3,54
berada pada kategori baik dan meningkat pada siklus III yaitu dengan nilai ratarata
4,42 dengan kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I dengan
nilai rata-rata 2,86 berada pada kategori cukup dan pada siklus II mendapat nilai
rata-rata 3,50 berada pada kategori baik dan meningkat pada siklus III yaitu
dengan nilai rata-rata 4,42 berada pada kategori baik. (3) sedangkan hasil belajar
siswa pada siklus I dengan persentase nilai 60,3%, dan pada siklus II dengan
persentase nilai 73,3%, dan meningkat pada siklus III menjadi 86,7%.
Berdasakan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan
tematik pada Tema Hidup Bersih dan Sehat dapat meningkatkan hasil belajar
siswa di kelas II MIN Muerue Indrapuri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Nurdin Manyak, M.Ag 2. Nida Jarmita M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Tematik, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maghfirah Zaminaton
Date Deposited: 26 Jan 2018 03:53
Last Modified: 26 Jan 2018 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2336

Actions (login required)

View Item View Item
TOP