Penerapan Model Sentra Menggunakan Media Origami Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak di RA Fathun Qarib Banda Aceh

Fera Rahma Dany, 140210047 (2022) Penerapan Model Sentra Menggunakan Media Origami Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak di RA Fathun Qarib Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Sentra Menggunakan Media Origami Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak di RA Fathun Qarib Banda Aceh] Text (Penerapan Model Sentra Menggunakan Media Origami Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak di RA Fathun Qarib Banda Aceh)
Fera Rahma Dany, 140210047, FTK, PIAUD, 085232380680 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Model pembelajaran sentra dengan menggunakan media origami. Berdasarkan hasil observasi awal di RA Fathun Qarib kelompok AI untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Sehingga mengakibatkan kurangnya perhatian guru pada aspek perkembangan anak. Salah satunya aspek motorik halus. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak melalui media origami dengan penerapan model pembelajaran sentra, (2) untuk mengetahui pengaruh media origami dalam perkembangan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen desain pre eksperimental. Sampel penelitian ini adalah anak kelompok AI RA Fathun Qarib Banda Aceh dengan jumlah 16 orang anak. teknis pengumpulan data dilakukan dengan deskriktif kuantitatif dengan membandingkan rata-rata data pre-test dan post test yang dikumpulkan melalui observasi. Dalam penelitian ini dilakukan dengan pengujian hipotesis dengan Uji-T dari skala aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh perkembangan motorik halus dalam penerapan model pembelajaran sentra. Hal ini terlihat dari perbandingan nilai rata-rata sebelum dan sesudah pada thitung > ttabel atau 18.52 > 2.131 maka Ho ditolak yang artinya pada tingkat kepercayaan 95% terdapat perbedaan signifikan antara skor perolehan tes awal dengan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran sentra dengan menggunakan media origami dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak di RA Fathun Qarib Banda Aceh tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Fera Rahma Dany
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:21
Last Modified: 26 Sep 2022 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23362

Actions (login required)

View Item
View Item