Pengaruh Strategi Komunikasi Dan Layanan Prima Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Veni Fitria, 150503027 (2022) Pengaruh Strategi Komunikasi Dan Layanan Prima Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Strategi Komunikasi Dan Layanan Prima Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Pengaruh Strategi Komunikasi Dan Layanan Prima Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Veni Fitria, 150503027, FAH, IP, 082304404177.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Komunikasi pustakawan dapat dikatakan sebagai interaksi antara pustakawan dengan pemustaka baik secara langsung maupun tidak. Komunikasi antar pustakawan dengan pemustaka juga membutuhkan strategi yang dapat mendukung terjalinnya komunikasi tersebut. Salah satu bentuk pelayanan yang sangat bagus yang harus diberikan oleh perpustakaan adalah layanan prima. Layanan prima merupakan arti dari kata “excellent service” yang secara harfiah berarti pelayanan yang terbaik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah strategi komunikasi pustakawan dan pelayanan prima berpengaruh terhadap kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi pustakawan dan pelayanan prima terhadap kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah adalah 100 orang mahasiswa. Sampel yang diambil berdasarkan teknik probability sampilng; simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam dan penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi dan di analisis dengan rumus regresi berganda serta bantuan SPSS versi 20.0. Berdasarkan hasil dari pengolahan data diperoleh nilai “r” sebesar 1.000, nilai tersebut berarti terdapat pengaruh yang sangat kuat strategi komuniksi (X1) dan layanan prima (X2) secara simultan terhadap kepuasan pemustaka (Y). Dari hasil pembuktian hipotesis, diperoleh harga Fhitung sebesar 316948.9 dengan harga Ftabel 3,94 maka terlihat bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi komuniksi (X1) dan layanan prima (X2) secara simultan terhadap kepuasan pemustaka (Y) di perpustakaan UIN Ar-Raniry

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.5 Jasa bagi Pemakai
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Veni Fitria
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:50
Last Modified: 27 Sep 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23374

Actions (login required)

View Item
View Item