Strategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Mikro Rujak Salak Pliek Di Kabupaten Pidie Jaya

Darul Munawarah, 180602197 (2022) Strategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Mikro Rujak Salak Pliek Di Kabupaten Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Strategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Mikro Rujak Salak Pliek Di Kabupaten Pidie Jaya] Text (Strategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Mikro Rujak Salak Pliek Di Kabupaten Pidie Jaya)
Darul Munawarah, 180602197, FEBI, ES, 085260101203.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Marketing syariah adalah suatu strategis bisnis dalam proses penciptaan, penawaran dan perubahan nilai yang sesuai ajaran Islam untuk mendapatkan loyalitas pelanggan, prinsip-prinsip syariah diutamakan dalam bisnis Islam supaya selain mendapatkan keuntungan juga mendapatkan Ridha Allah Swt. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing syariah dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada usaha mikro Rujak Salak Pliek di Kabupaten Pidie Jaya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam dengan empat orang pemilik usaha dan satu orang karyawan serta satu orang pelanggan di keempat tempat usaha. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha mikro Rujak Salak Pliek di Kabupaten Pidie Jaya telah menerapkan strategi marketing yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, baik dari segi penerapan bagaimana karakteristik syariah marketing, memiliki sifat seorang marketer syariah, dan pelaksanaan bauran pemasaran syariah yang dilakukan memberikan dampak positif terhadap kemajuan usaha Rujak Salak Pliek Balee Ulim, Pidie Jaya. Transparan dalam proses pembuatan produk, tidak membeda-bedakan pelanggan, tidak pernah ada complain buruk dari pelanggan, banyak terjadi pembelian berulang, banyak pelanggan merekomendasikan Rujak Salak Pliek ini sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi marketing syariah yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga selalu terjadi peningkatan volume penjualan pada usaha mikro Rujak Salak Pliek di Kabupaten Pidie Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Darul Munawarah
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:54
Last Modified: 27 Sep 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23375

Actions (login required)

View Item
View Item