Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Dalam Mengembangkan Literasi Masyarakat Desa (Penelitian pada TBM Ar-Rasyid Desa Kajhu Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar)

Wilda Munira, 160503085 (2022) Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Dalam Mengembangkan Literasi Masyarakat Desa (Penelitian pada TBM Ar-Rasyid Desa Kajhu Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Dalam Mengembangkan Literasi Masyarakat Desa (Penelitian pada TBM Ar-Rasyid Desa Kajhu Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar)] Text (Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Dalam Mengembangkan Literasi Masyarakat Desa (Penelitian pada TBM Ar-Rasyid Desa Kajhu Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar))
Wilda Munira, 160503085, FAH, IP, 083809280378.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Taman Bacaan Masyarakat dalam Mengembangkan Literasi Masyarakat Desa (Penelitian Pada TBM Ar-Rasyid Desa Kajhu Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran TBM dalam mengembangkan literasi masyarakat desa di TBM Ar-Rasyid Desa Kajhu Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar dan untuk mengetahui kendala TBM dalam mengembangkan literasi masyarakat desa di TBM Ar-Rasyid Desa Kajhu Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian terdiri dari kepala TBM Ar-Rasyid 1 orang, dan masyarakat pengunjung TBM Ar-Rasyid 10 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa taman bacaan masyarakat Ar-Rasyid Desa Kajhu Kabupaten Aceh Besar mempunyai peran sebagai pusat informasi bagi masyarakat dalam mengembangkan literasi masyarakat yaitu memperoleh ilmu baru seperti masyarakat mampu menunjukkan hasil karya dari pelatihan yang diikuti di TBM Ar-Rasyid, tempat memperluas wawasan yaitu melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan serta ketersediaan koleksi bacaan yang terdapat pada TBM Ar-Rasyid, sebagai tempat hiburan dan edukatif yaitu dengan kegiatan ini dapat dijadikan hiburan edukatif bagi anak-anak dan masyarakat dalam mengembangkan bakatnya, serta sebagai tempat berperan keterampilan yaitu kegiatan tersebut banyak menunjukkan bakat dan keterampilan masyarakat baik itu hasil karya maupun hasil pengetahuan yang didapatkan dari pelatihan serta koleksi yang dijadikan referensi bagi masyarakat dalam mengembangkan bakatnya. Peran yang terdapat pada TBM Ar-Rasyid sangat berdampak positif bagi masyarakat dan anak-anak terutama pada pengembangan literasi pada bagian bakatnya yang diperoleh melalui program atau kegiatan yang diadakan oleh TBM Ar-rasyid. Kendala yang dihadapi TBM Ar-rasyid dalam pemanfaatan literasi masyarakat adalah keterbatasan SDM pengelolaan, koleksi yang terbatas sehingga kegiatan hanya dilakukan setahun sekali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Wilda Munira
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:06
Last Modified: 27 Sep 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23386

Actions (login required)

View Item
View Item