Potensi Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Rini Khairuni, 170602134 (2022) Potensi Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Potensi Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Aceh Dalam Perspektif  Ekonomi Islam] Text (Potensi Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam)
Rini Khairani, 170602134, FEBI, ES, 085262214723.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Ekonomi kreatif saat ini terus dikembangkan seiring dengan banyaknya inisiatif dari kelompok masyarakat untuk menciptakan sebuah produk atau karya yang bernilai seni dan juga dapat menghasilkan pendapatan untuk masyarakat. Ekonomi kreatif di Aceh selain membahas tentang produk kreatif yang bernuansa budaya lokal juga harusnya membahas tentang teknologi dalam pengembangan produk ekonomi kreatif. Namun, inilah yang menjadi kendala bagi ekonomi kreatif di Aceh yaitu perkembangan ekonomi kreatif berbasis teknologi masih banyak mengalami kendala seperti rendahnya penguasaan IPTEK serta latar belakang pendidikan dan pengalaman yang masih kurang memadai. Selain itu kebijakan syariah di Aceh juga benar-benar harus diperhatikan dengan mengutamakan produk-produk yang bernilai Islami dan tidak menghilangkan kebudayaan seta ciri khas Aceh. Penelitian ekonomi kreatif ini dilakukan guna untuk melihat seperti apa potensi ekonomi kreatif jika berbasis teknologi terhadap pertumbuhan ekonomi di provinsi Aceh dengan melihat dari segi perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dengan metode wawancara, observasi, dan data sekunder yang diperoleh dari laporan-laporan tertulis serta informasi tentang keadaan perusahaan atau lembaga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekonomi kreatif berbasis teknologi di Aceh memiliki potensi yang bagus untuk berkembang karena masyarakat sekarang ini telah berlomba-lomba untuk menciptakan usaha kreatif dengan memproduksi beragam produk yang unik dan menarik mulai dari barang-barang kebutuhan sehari-hari sampai makanan yang dibuat sedemikian rupa agar terlihat menarik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Potensi Ekonomi Kreatif, Ekonomi Kreatif, Teknologi, Pertumbuhan Ekonomi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rini Khairuni Rini
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:09
Last Modified: 27 Sep 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23388

Actions (login required)

View Item
View Item