Faktor Tingginya Perceraian Bagi PNS di Kota Langsa (Studi di Mahkamah Syar’iyah Kota Langsa)

Thariqul Haqqi, 150101039 (2022) Faktor Tingginya Perceraian Bagi PNS di Kota Langsa (Studi di Mahkamah Syar’iyah Kota Langsa). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Faktor Tingginya Perceraian Bagi PNS di Kota Langsa (Studidi Mahkamah Syar’iyah Kota Langsa)] Text (Faktor Tingginya Perceraian Bagi PNS di Kota Langsa (Studidi Mahkamah Syar’iyah Kota Langsa))
Thariqul Haqqi, 150101039, FSH, HK, 081398207210.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena tingginya angka perceraian di kalangan PNS Kota Langsa. Oleh karenanya, penulis tertarik untuk meneliti faktor tingginya angka perceraian tersebut dan upaya yang dilakukan oleh Mahkamah Syar’iyah untuk meminimalisir kasus perceraian di kalangan PNS Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan penelitian lapangan dan kepustakaan. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor-faktor yang dapat menyebabkan tingginya angka perceraian bagi PNS di Mahkamah Syar’iyah Kota Langsa dapat meliputi faktor penggunaan media sosial yang tidak saling terbuka antara suami istri, faktor ekonomi di mana tidak terpenuhinya kebutuhan keluarga yang disebabkan karena tingkat kebutuhan dan keinginan yang tidak dapat tercapai, faktor adanya penyalahgunaan penggunaan narkotika di dalam anggota keluarga sehingga kehidupan keluarga jauh dari kata harmonis, masuknya pihak ketiga dalam keluarga PNS yang mana baik suami maupun istri berselingkuh dengan orang lain, terjadinya kekerasan di dalam rumah tangga dan faktor terjadinya pertengkaran dan percekcokan yang terus-menerus yang tidak dapat didamaikan kembali sehingga jalan terakhir yang harus ditempuh adalah dengan mengajukan gugatan perceraian ke pengadilan. Adapun upaya yang dilakukan oleh Mahkamah Syar’iyah dalam meminimalisir tingginya angka perceraian di kalangan PNS di Kota Langsa meliputi melakukan upaya mediasi sebagaimana amanat Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 tentang Mediasi, dalam perkara perceraian Majelis Hakim tetap berusaha melakukan upaya damai pada setiap tahapan persidangan, memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada para pihak yang bersengketa agar mengurungkan niatan untuk bercerai dengan mempertimbangkan satu dengan lain hal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.33 Perceraian
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Thariqul Haqqi Thariq
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:03
Last Modified: 27 Sep 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23390

Actions (login required)

View Item
View Item