Sistem Quality Control Pada Transaksi Jual Beli Ikan di TPI Lampulo Dalam Perspektif Hukum Islam

Siti Nurhaliza, 160102120 (2022) Sistem Quality Control Pada Transaksi Jual Beli Ikan di TPI Lampulo Dalam Perspektif Hukum Islam. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Quality Control Pada Transaksi Jual Beli Ikan di TPI Lampulo Dalam Perspektif Hukum Islam] Text (Sistem Quality Control Pada Transaksi Jual Beli Ikan di TPI Lampulo Dalam Perspektif Hukum Islam)
Siti Nurhaliza, 160102120, FSH, HES, 085362525352.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat kota Banda Aceh umumnya melakukan transaski jual beli ikan di TPI Lampulo, banyaknya pedagang ikan disana menimbulkan persaingan yang tinggi, akibatnya banyak terjadi kecurangan dan penipuan dalam jual beli, dan menimbulkan ketidakadilan bagi para konsumen. Dalam hal ini quality control dalam transaksi jual beli penting diterapkan mengingat banyak pelaku usaha yang memanipulasi pandangan konsumen agar mau membeli barang-barang hasil produksi mereka yang kurang baik mutunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem transaksi jual beli ikan di TPI Lampulo serta praktek quality control yang dilakukan telah sesuai dengan hukum Islam yang dilihat dari konsep al-hisbah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara kualitatif yang sumber data diperoleh secara langsung dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan sistem transaksi jual beli di TPI Lampulo dikendalikan oleh para toke bangku, dalam penetapan harga, biasanya para toke bangku menetapkan harga sesuai pasaran, dan harga ditetapkan tergantung pada cuaca, jika cuaca buruk dan ikan menjadi jarang, maka harga yang ditetapkan pun relatif mahal, Dalam situasi ini, biasanya ikan yang dijual tidak dalam kondisi yang bagus, ikan yang dijual sudah dalam kondisi lembek, kemerah-merahan dan kondisi perut yang sudah pecah-pecah.Terdapat unsur kelalaian oleh pedagang yang dilakukan dalam transaksi jual beli, hal ini disebakan oleh kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan. Baik pengawasan terhadap ukuran dan timbangan, standar kehalalan, dan kualitas ikan yang dijual. Dalam hal ini menunjukkan transaksi jual beli tidak sesuai dengan konsep al-hisbah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Nurhaliza Siti
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:11
Last Modified: 27 Sep 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23392

Actions (login required)

View Item
View Item