Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perceraian di Aceh Besar

Hendra Farna, 201010008 (2022) Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perceraian di Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perceraian di Aceh Besar] Text (Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perceraian di Aceh Besar)
Hendra Farna, 201010008, PS, HK, 085262376321.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dominan penyebab terjadinya perceraian serta menganalisis faktor-faktor dominan penyebab terjadinya perceraian di Mahkamah Syari’yah Aceh Besar. Untuk melengkapi hasil penelitian, dirasa perlu juga mengungkap pandangan para ulama, akademisi, dan praktisi hukum keluarga tersebut. Pendekatan penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan normatif doktriner dan emperis. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, diantaranya sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumbernya, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari hasil tulisan atau laporan yang telah disistematisasi. Penelitian tesis ini menenujukkan bahwa faktor-faktor dominan penyebab terjadinya perceraian Aceh Besar adalah kekerasan dalam rumah tangga, tidak adanya tanggung jawab, ekonomi dan poligami tidak sehat. Dalam kaca mata hukum Islam bahwa suami harus melindungi dan menaungi istri dalam keadaan apapun. Namun, hal demikian perceraian sebagai pilihan terakhir setelah melalui proses-proses yang telah ditentukan dalam agama. Adapun, istri memperoleh nafkah pasca perceraian dari suami kecuali istri tersebut nusyuz/durhaka kepada suaminya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.33 Perceraian
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Hukum Keluarga
Depositing User: Hendra Farna Hendra
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:28
Last Modified: 27 Sep 2022 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23398

Actions (login required)

View Item
View Item