Pengaruh Penambahan Ragi Roti dalam Medium Kultur Pepaya Terhadap Perkembangbiakan Lalat Buah (Drosophila melanogster) Sebagai Referensi Pembelajaran Biologi.

Yurnita, 160207061 (2022) Pengaruh Penambahan Ragi Roti dalam Medium Kultur Pepaya Terhadap Perkembangbiakan Lalat Buah (Drosophila melanogster) Sebagai Referensi Pembelajaran Biologi. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Menjelaskan tentang pengaruh penambahan ragi roti dalam medium kultur pepaya terhadap perkembangbiakan lalat buah (Drosophila melanogaster)] Text (Menjelaskan tentang pengaruh penambahan ragi roti dalam medium kultur pepaya terhadap perkembangbiakan lalat buah (Drosophila melanogaster))
Yurnita, 160207061, FTK, PBL, 082370539594.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Membahas tentang pengaruh penambahan ragi roti dalam medium kultur pepaya terhadap perkembangbiakan lalat buah (Drosophila melanogaster)] Text (Membahas tentang pengaruh penambahan ragi roti dalam medium kultur pepaya terhadap perkembangbiakan lalat buah (Drosophila melanogaster))
Yurnita, 160207061, FTK, PBL, 082370539594.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Cepat dan lambatnya perkembangan lalat buah dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya media biakannya. Media biakan selain tempat hidup lalat buah juga berperan sebagai sumber makanannya dari mulai larva hingga imago. Oleh karena itu ketersediaan sumber makanan sangat berpengaruh terhadap perkembangan hidup lalat buah. Penambahan ragi roti dalam medium kultur berfungsi meningkatkan kandungan nutrisi untuk pertumbuhan lalat buah (Drosophila melanogaster). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan ragi roti menggunakan medium campuran buah pepaya terhadap perkembangbiakan lalat buah serta untuk memperoleh informasi media terbaik untuk pertumbuhan lalat buah guna menyediakan referensi pada pembelajaran Biologi.Penelitian ini telah dilaksanakan di laboratorium Pendidikan Biologi (unit mikrobiologi) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen nyata (True-experimental) dengan menggunakan desain rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri atas 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Data hasil penelitian dilakukan dianalisi secara kuantitatif dan deskriptif (dalam bentuk narasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ragi roti dalam medium kultur pepaya berpengaruh terhadap perkembangbiakan lalat buah (Drosophila melanogaster) baik itu terhadap pertumbuhan jumlah telur, maupun pada pertumbuhan imago. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik one way analysis varians (ANAVA) dengan uji F pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil Fhitungtelur> Ftabel teluryaitu 83,657 > 3,98 dan hasil Fhitung imago> Ftabel imagoyaitu 83,657 > 3,98 yang artinya adanya pengaruh yang signifikan pemberian ragi roti terhadap pertumbuhan jumlah telur dan imago lalat buah.Selain itu, lama waktu perkembangan lalat buah pada medium biakan dengan tambahan ragi roti lebih cepat dibandikan dengan medium kontrol. Perbedaan signifikan terjadi pada fase pupasi (larva-pupa) dan fase eklosi (imago keluar dari pupa). Pada medium kontrol perkembangan lalat buah terjadi selama 8 hari, sedangkan pada medium dengan tambahan ragi roti terjadi selama 6 hari. Uji kelayakan modul penunjang praktikum sebagai output hasil penelitian oleh ahli materi diperoleh persentase keseluruhan sebesar83,87% dengan kategori sangat layak dan kelayakan mediadengan total persentase 84,87% dengan kategori sangat layak. Respon mahasiswa terhadap modul peraktikum memperoleh hasil 88,73% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 590 Animals (Ilmu Hewan, Ilmu Binatang)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 590 Animals (Ilmu Hewan, Ilmu Binatang) > 595.7 Insekta
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yurnita Nita
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:05
Last Modified: 28 Sep 2022 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23403

Actions (login required)

View Item
View Item