Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Jumiati, 170205022 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Reciprocal Teaching] Text (Model Pembelajaran Reciprocal Teaching)
Jumiati, 170205022, FTK, PMA, 085261412933.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan guru belum mengundang keaktifan siswa, materi yang diajarkan pun sulit dipahami, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu model yang dapat diterapkan dalam pembelajaran yang membuat siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas adalah model pembelajaran reciprocal teaching. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa SMP melalui pembelajaran reciprocal teaching.Rancangan penelitian ini adalah Quasi Eksperimen (Non-Equivalent Control Grup Design). Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan metode sampling purposive dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP 16 Banda Aceh. Pengambilan Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan VIII-5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan perangkat pembelajaran, dan tes hasil belajar. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan statistik-t dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas varian. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata dengan uji pihak kanan (uji-t) diperoleh bahwa t_hitung=2,33 dan t_tabel=2,01 maka t_hitung>t_tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa SMP melalui model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada tanpa melalui model pembelajaran reciprocal teaching.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Jumiati Jumi
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:05
Last Modified: 28 Sep 2022 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23404

Actions (login required)

View Item
View Item