Unsur Pidana Perjudian Game Online Higgs Domino Ditinjau Menurut Hukum Pidana Islam (Studi Kasus di Kota Banda Aceh)

Rahma Wati, 160104125 (2022) Unsur Pidana Perjudian Game Online Higgs Domino Ditinjau Menurut Hukum Pidana Islam (Studi Kasus di Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Unsur Pidana Perjudian Game Online Higgs Domino Ditinjau Menurut Hukum Pidana Islam (Studi Kasus di Kota Banda Aceh)] Text (Unsur Pidana Perjudian Game Online Higgs Domino Ditinjau Menurut Hukum Pidana Islam (Studi Kasus di Kota Banda Aceh))
Rahmawati, 160104125, FSH, HPI, 082274308612.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Masyarakat Kota Banda Aceh dihebohkan dengan munculnya game yang berbasis online, game ini dinamakan game higgs domino, syarat untuk memainkannya ialah harus memiliki koin emas atau chip. Pada pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah, pertama bagaimana pelaksanaan hukum jinayat terhadap perjudian online higgs domino dimasyarakat Kota Banda Aceh, kedua, unsur pidana apa yang terdapat pada game online higgs domino menurut hukum pidana Islam. Adapun Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ini menyatakan bahwa permaianan game higgs domino ialah suatu perjudian, Maisir sudah jelas dilarang dalam agama Islam dikarenakan banyak mengandung kemudharatan yang beresiko sangat fatal. Terdapat dosa besar tanpa adanya kemanfaatan hal ini sangat memperjelas akibat buruk yang akan ditimbulkannya. Hukuman bagi pelaku maisir yaitu hukuman jilid (cambuk) dan uqubat (denda). Pelaksanaan penegakan Syari‟at Islam terhadap pelaku maisir game higgs domino yang dilakukan oleh pemerintah Kota Banda Aceh sepenuhnya sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perintah Qanun Aceh yang berlandaskan Syari‟at Islam. Adapun Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan hukum jinayat terkait perjudian game online higgs domino lembaga Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh sudah melaksanakan dengan upaya sebaik mungkin dalam hal memberantas perjudian. Unsur-unsur perjudian dalam hukum pidana Islam antara lain: Unsur Permaianan/perlombaan, Unsur untung-untungan, dan Unsur taruhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Rahma Wati
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:48
Last Modified: 28 Sep 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23419

Actions (login required)

View Item
View Item