Urgensi Layanan Konseling Islam Bagi Perawat IGD Yang Mengalami Kecemasan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Besar

Anizar, 170402067 (2022) Urgensi Layanan Konseling Islam Bagi Perawat IGD Yang Mengalami Kecemasan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Urgensi Layanan Konseling Islam  Bagi Perawat IGD Yang Mengalami  Kecemasan Pada  Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Besar] Text (Urgensi Layanan Konseling Islam Bagi Perawat IGD Yang Mengalami Kecemasan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Besar)
Anizar, 170402067, FDK, BKI, 082331237706.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Seiring dengan terus meningkatnya penyebaran COVID-19 di Indonesia,salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan melakukan percobaan New Normal. Penetapan New Normal di Indonesia pada saat itu ternyata masih juga mengalami angka peningkatan drastis pasien positif COVID-19. Situasi tersebut sangat berpengaruh terhadap tenaga kesehatan terutama perawat yang ada dirumah sakit. Salah satu efek yang ditimbulkan yaitu kecemasan.Kecemasan bisa mengenai siapa saja termasuk petugas medis salah satunya perawat termasuk juga perawat yang ada diIGD. Maka untuk mengatasi kecemasan yang dialami oleh para perawat IGD terdapat banyak pendekatan yang bisa digunakan, termasuk salah satunya Konseling Islam.Untuk itu penelitian ini akan memberikan jawaban terhadap pertanyaan bagaimana reaksi kecemasan yang dialami oleh perawat IGD pada masa pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Besar, dan apakah konseling Islam penting diberikan bagi perawat dalam mengatasi kecemasan pada masa pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Besar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersumber dari data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari responden melalui observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima perawat IGD.Hasil penelitian menunjukkanbahwa perasaan cemas dan takut pasti ada, terlebih saat masa pandemi Covid-19.Cemas dan takut yang dialami disebabkan oleh ketakutan akan tertular oleh penyakit Covid-19 tersebut dan takut menularkan ke orang tua atau saudara terdekat saat pulang dari rumah sakit tersebut. Reaksi yang dialami para perawat saat mengalami kecemasan biasanya yaitu keringat dingin, gemetar, jantung berdebar kencang dan perasaan tidak tenang.Konseling Islamsangat penting bagi perawat dalam mengatasi kecemasan dan ketakutan terutama pada masa pandemi Covid-19.Konseling Islam sangat dibutuhkan oleh perawat karena kecemasan dan ketakutan pada perawat dapat mempengaruhi tingkat kesehatan dan perilaku mereka sehingga sangat berdampak pada kinerja mereka saat berada di rumah sakit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anizar Anizar
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:08
Last Modified: 28 Sep 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23425

Actions (login required)

View Item
View Item