Urgensi Bimbingan Agama Pada Mahasiswa Dalam Mereduksi Gaya Hidup Hedonisme (Studi Pada Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)

Defana Aprilini, 170402058 (2022) Urgensi Bimbingan Agama Pada Mahasiswa Dalam Mereduksi Gaya Hidup Hedonisme (Studi Pada Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Urgensi Bimbingan Agama Pada Mahasiswa Dalam Mereduksi Gaya Hidup Hedonisme (Studi Pada Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)] Text (Urgensi Bimbingan Agama Pada Mahasiswa Dalam Mereduksi Gaya Hidup Hedonisme (Studi Pada Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry))
Defana Aprilini, 170402058, FDK, BKI, 085294779754.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman manusia selalu beradaptasi dengan lingkungan. Perubahan ini mempengaruhi pola gaya hidup mereka. Terkadang perubahan ini membawa dampak positif atau negative. Seperti ditemukan bahwa beberapa memiliki daya beli mahasiswa BKI FDK harus berhutang terlebih dahulu untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan agar terlihat keren dan mengikuti trend. Setiap hari minggu wajib untuk berpergian bersama teman. Dan tidak lupa mengabadikan momen foto dan video ketika mereka berada diluar, handphone yang mereka gunakan bermerk iphone untuk menunjang penampilan disosial media maupun di dunia nyata. Begitu juga beberapa mahasiswa ditemukan menghabiskan waktu di luar bersama teman duduk di café yang sedang trend. Uang yang dikirim oleh orang tua sering dibelanjakan untul hal-hal yang tidak penting. Dalam sebulan dia bisa membeli tas dan baju sampai 5 bahkan lebih. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, mengetahui bentuk gaya hidup hedonisme pada mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry dan mengetahui urgensi bimbingan agama dalam mereduksi gaya hidup hedonisme pada mahasiswi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan objek dalam penelitian ini memakai teknik purposive sampling dengan jumlah 10 informan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk gaya hidup hedonisme aktivitas sehari-sehari mahasiswa dan sering keluar nongkrong di café. Dan menggunakan sosial media yaitu instagram untuk melihat terkait barang-barang yang sedang trend pada masa kini. Lebih percaya diri ketika mereka menggunakan barang yang sedang trend. Mahasiswa perlu diberikan bimbingan agama. Dosen atau penasehat akademik harus memberikan arahan kepada mahasiswa supaya dapat terarah menjadi pribadi yang baik dan tidak terjerumus hal hal yang tidak diinginkan. Dan mahasiswa pun fokus untuk belajar. Dengan adanya bimbingan agama mahasiswa dapat mengatur keuangan dengan sebaik mungkin dan tidak boros dan dapat memilih untuk berteman yang baik untuk dirinya, dan dapat merubah perilaku dan kebiasaan nya berprilaku hedonisme.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Defana Aprilini Defa
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:08
Last Modified: 28 Sep 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23427

Actions (login required)

View Item
View Item