Identifikasi Karakteristik Kepribadian Konselor Profesional Dalam Perspektif Konseling Islam

Rizka Nursafitri, 170402012 (2022) Identifikasi Karakteristik Kepribadian Konselor Profesional Dalam Perspektif Konseling Islam. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Karakteristik Kepribadian Konselor Profesional Dalam Perspektif Konseling Islam] Text (Identifikasi Karakteristik Kepribadian Konselor Profesional Dalam Perspektif Konseling Islam)
Rizka Nursafitri, 170402012, FDK, BKI, 082267452097.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Judul Penelitian ini “Identifikasi Karakteristik Kepribadian Konselor Profesional Dalam Perspektif Konseling Islam”. Karakteristik Kepribadian Seorang konselor merupakan cerminan dari sikap pribadi Konselor dalam menerima secara terbuka dan berpandangan positif terhadap klien. Kepribadian Konselor sangat berpengaruh terhadap kualitas layanan konseling dikarenakan kepribadian Konselor dapat menimbulkan suasana Terapeutik sehingga proses konseling berjalan dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Kepribadian Konselor dalam Layanan konseling berdasarkan Perspektif Islam dan Bagaimana Karakteristik Konselor dalam menangani permasalahan klien dilihat dari pendekatan Konseling Islam. Penelitian ini merupakan penelitian Studi kepustakaan (library Research) dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Adapun Temuan yang didapat adalah membuktikan bahwa Kepribadian Konselor dalam kajian perspektif Islam telah ada bahkan sebelum adanya konseling konvensional (Barat). Sebagai konselor Islam kepribadian Nabi Muhammad Saw dapat dijadikan sebuah acuan (contoh) untuk diterapkan oleh para Konselor dan Kepribadian Rasulullah berupa shiddiq (benar dan jujur), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (menyampaikan) Fathanah (Cerdas). Dan pendekatan yang dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan melalui pendekatan Konseling Islam berupa pendekatan bil-Hikmah, al- Mauidzah al-Hasanah dan al-Mujadalah bi al-lati Hiya Ahsan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rizka Nursafitri Rizka
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:13
Last Modified: 28 Sep 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23428

Actions (login required)

View Item
View Item