Tukar Guling Tanah Wakaf (Kajian Terhadap Pendapat Mazhab Hanafi Dan Mazhab Syafi’i)

Neki Purnama Sari, 131008693 (2022) Tukar Guling Tanah Wakaf (Kajian Terhadap Pendapat Mazhab Hanafi Dan Mazhab Syafi’i). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Tukar Guling Tanah Wakaf (Kajian Terhadap Pendapat Mazhab Hanafi Dan Mazhab Syafi’i)] Text (Tukar Guling Tanah Wakaf (Kajian Terhadap Pendapat Mazhab Hanafi Dan Mazhab Syafi’i))
Neki Purnama Sari, 131008693, FSH, PMH, 085275447989.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Wakaf mempunyai kedudukan penting dalam islam, selain sebagai ibadah, juga untuk keperluan masyarakat. Wakaf ialah yang diperoleh dari seseorang atau badan hukum (wakif) yang diperuntukkan atau digunakan untuk peribadatan atau kepentingan umum di dalam masyarakat. Dalam pembahasan ini menyangkut dengan tukar guling tanah wakaf yang ditinjau dari kalangan mazhab Hanafi dan juga Syafi’i. Kemudian dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil sumber data yang berasal dari kitab-kitab, buku-buku, dan sumber lain yang berkenaan dengan pembahasan pada skripsi ini. Sedangkan dalam tehnik analisis data menggunakan metode content analisis, deskriptif komperatif. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat dijelaskan bahwa tukar guling tanah wakaf menurut mazhab Hanafi dapat ditukarkan dan serta dapat dialihfungsikan dalam bentuk yang lain. Sedangkan dalam mazhab Syafi’i dengan tegas melarang tukar guling terhadap tanah wakaf, sebab harta wakaf mutlak milik Allah SWT. Dalam mazhab Hanafi mengunakan metode ra’yu lebih menonjol, serta dalam kalangan Hanafi memberikan kelonggaran dapat ditukar gulingkan atas tanah wakaf, karena lebih melihat harta wakaf itu dari manfaatnya. Akan tetapi dalam kalangan mazhab Syafi’i dengan tegas melihat makna wakaf secara fisiknya dalam ketentuan harta wakaf dari dalil hadis, maka mereka melarang tegas penukaran terhadap tanah wakaf, sebab ditakutkan terjadi dalam harta wakaf melenceng fungsi dari ketentuan agama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Neki Purnama Sari
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:30
Last Modified: 29 Sep 2022 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23433

Actions (login required)

View Item
View Item