Peran Koperasi Simpan Pinjam dalam Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Aceh Barat(Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mandiri Jaya Meulaboh)

Fadliansyah, 150604116 (2022) Peran Koperasi Simpan Pinjam dalam Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Aceh Barat(Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mandiri Jaya Meulaboh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Koperasi Simpan Pinjam] Text (Koperasi Simpan Pinjam)
Fadliansyah, 150604116, IE, Febi, 082271372713.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: mengetahui peran Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mandiri Jaya dalam pengembangan UMKM di Kabupaten Aceh Barat dan dan untuk mengetahui upaya Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mandiri Jaya dalam memberdayakan ekonomi masyarakat di Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang, yang terdiri dari 1 orang pegawai dari KSP Mandiri Jaya Meulaboh dan 5 Orang pelaku UMKM. Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Peran koperasi simpan pinjam (KSP) Mandiri Jaya Meulaboh dalam pengembangan UMKM adalah sebagai penyedia modal dalam kegiatan UMKM memperbaiki pertumbuhan ekonomi dan penyimpanan uang selain bank. Modal yang diberikan kepada pelaku UMKM dalam bentuk pinjaman dengn jangka waktu tertentu. 2) Upaya koperasi simpan pinjam (KSP) Mandiri Jaya Meulaboh untuk memberdayakan ekonomi masyarakat di Kabupaten Aceh Barat, selain memberikan modal untuk pelaku UMKM, Koperasi juga memberikan penyuluhan dan pendampingan serta mencara pasar penjualan untuk pelaku UMKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Fadliansyah Fadli
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:46
Last Modified: 29 Sep 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23436

Actions (login required)

View Item
View Item