Pungutan Parkir Liar Berdasarkan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 4 Tahun 2012 Ditinjau Dari Perspektif Maqāṣīd Al-Syarīʻah.

T.M Rianda Isnawan, 170104058 (2022) Pungutan Parkir Liar Berdasarkan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 4 Tahun 2012 Ditinjau Dari Perspektif Maqāṣīd Al-Syarīʻah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Pungutan Parkir Liar Berdasarkan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 4 Tahun 2012 Ditinjau Dari Perspektif Maqāṣīd Al-Syarīʻah.] Text (Pungutan Parkir Liar Berdasarkan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 4 Tahun 2012 Ditinjau Dari Perspektif Maqāṣīd Al-Syarīʻah.)
TM. Rianda Isnawan, 170104058, FSH, HPI, 082276395334.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pemerintah Kota Banda Aceh telah mengeluarkan Qanun No.4 Tahun 2012 tentang retribusi pelayanan parkir di Tepi Jalan Umum, Qanun ini mengatur setiap kegiatan parkir yang dilakukan di tepi jalan umum yang berada di Kota Banda Aceh. Namun dalam Qanun tersebut hanya mengatur mengenai sistem pemungutan retribusi, belum mengakomodir pungutan parkir yang dilakukan secara liar sehingga pungutan yang dilakukan secara liar tidak dapat ditindak. Penelitian ini bertujuan untuk penemuan hukum terhadap Pungutan parkir liar di Kota Banda Aceh, dan untuk mengetahui bagaimana pandangan maqāṣīd al-syarīʻah terhadap pungutan Parkir liar di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan hukum primer dan bahan sekunder. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan maqāṣīd al-syarīʻah, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library reaserch) dan lapangan (Fied reaserch). Penelitian ini berhipotesis bahwa hukum adalah rekayasa sosial yaitu sebagai alat untuk mengontrol tingkah laku dan perbuatan manusia agar mereka tidak melakukan perbuatan yang melawan norma hukum, agama, dan susila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pungutan parkir liar dapat dikategorikan sebagai perbuatan pidana berdasarkan Pasal 368 KUHP. Berdasarkan perspektif maqāṣīd al-syarīʻah pungutan parkir liar merupakan perbuatan yang mengarah kepada mafsadat, karena pungutan parkir liar tidak sejalan dengan eksistensi harta yang seharusnya dalam maqāṣīd al-syarī ʻah merupakan salah satu hal yang dipelihara (ḥifẓ al-māl).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: T.M Rianda Isnawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:59
Last Modified: 29 Sep 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23445

Actions (login required)

View Item
View Item