Penggunaan Papan Pintar Huruf Untuk Mengembangkan Kognitif Anak 5-6 Tahun TK Nurul Fajri Di Desa Teupin Gajah

Cut Lidia Sripuji, 170210071 (2022) Penggunaan Papan Pintar Huruf Untuk Mengembangkan Kognitif Anak 5-6 Tahun TK Nurul Fajri Di Desa Teupin Gajah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Papan Pintar Huruf Untuk Mengembangkan Kognitif Anak 5-6 Tahun TK Nurul Fajri Di Desa Teupin Gajah] Text (Penggunaan Papan Pintar Huruf Untuk Mengembangkan Kognitif Anak 5-6 Tahun TK Nurul Fajri Di Desa Teupin Gajah)
Cut Lidia Sripuji, 170210071, FTK, PIAUD, 085267214161.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan kognitif anak sangat penting diharapkan sejak usia dini agar anak dapat mengembangkan seluruh potensinya. Berdasarkan hasil observasi awal di TK Nurul Fajri Desa Teupin Gajah masih ditemukan sebagian besar anak yang masih rendah kemampuan kognitifnya dalam mengenal huruf abjad. Kurangnya kemampuan kognitif anak ini terbukti ketika penggunaan media yang monoton dalam proses belajar membuat anak masih susah dalam mengenal huruf abjad, hanya sebagian anak yang bisa membedakan dan mengenal huruf-huruf abjad, proses pembelajaran tidak dilakukan dengan menggunakan media yang bervariasi, anak mudah menyerah dan mudah bosan ketika mengalami kesulitan dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan papan pintar huruf dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak 5-6 tahun di TK Nurul Fajri Desa Teupin Gajah. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak kelas B1 yang berjumlah 14 orang anak sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental design yang menggunakan rancangan one group pre-test post-test design. Dari teknik analisis data menggunakan uji-t, maka hasil penggunaan papan pintar huruf dapat mengembangkan kognitif anak sebagaimana yang diperoleh thitung >ttabel yaitu 5.58 >1.77, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan papan pintar huruf dapat mengembangkan kognitif anak 5-6 tahun di TK Nurul Fajri Desa Teupin Gajah Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Cut Lidia Sripuji
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:44
Last Modified: 29 Sep 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23452

Actions (login required)

View Item
View Item