Perancangan dan Pembuatan Kamus Online Atraktif Bahasa Aceh Berbasis Website

Riska Rahayu, 170212142 (2021) Perancangan dan Pembuatan Kamus Online Atraktif Bahasa Aceh Berbasis Website. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan dan Pembuatan Kamus Online Atraktif Bahasa Aceh Berbasis Website] Text (Perancangan dan Pembuatan Kamus Online Atraktif Bahasa Aceh Berbasis Website)
Riska Rahayu, 170212142, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak tersedianya kamus bahasa Aceh yang Atrkatif dan kurangnya pemahaman anak – anak Aceh terhadap Bahasa Aceh, hal ini dikarenakan mereka lebih sering menggunakan budaya-budaya modern dilingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk membangun sebuah sistem yang berisi kosa kata Bahasa Aceh, terjemahannya, deskripsi dan juga gambar dari kosa kata tersebut. Selain itu sistem ini juga dapat digunakan oleh masyarakat untuk menerjemahkan kosa kata yang telah ada di dalam database, menyarankan kosa kata yang belum terdapat dalam kamus, dan meminta admin untuk menerjemahkan kosa kata yang belum diketahui. Sistem ini dibangun dengan tujuan untuk meningkat pengetahuan tentang bahasa Aceh dan menambah minat dalam mempelajari bahasa Aceh. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metode prototype dan untuk menguji fungsi dari sistem digunakan metode pengujian black box yang diuji oleh para ahli. Adapun hasil dari pengujian pada sistem ini adalah 80% yang artinya sangat sesuai. Sistem ini diharapkan memberikan konstribusi yang lebih baik dalam mempelajari bahasa Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Riska Rahayu Riska
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:52
Last Modified: 29 Sep 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23454

Actions (login required)

View Item
View Item