Pengaruh Dayah Liqaurrahmah Terhadap Pemahaman Keagamaan Masyarakat di Desa Lieue Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Masliati, 17030534 (2022) Pengaruh Dayah Liqaurrahmah Terhadap Pemahaman Keagamaan Masyarakat di Desa Lieue Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemahaman Keagamaan] Text (Pemahaman Keagamaan)
Masliati, 170305034, FUF, SA, 085261443623.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Keberadaan Dayah sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Aceh. Dayah merupakan sebuah lembaga pendidikan tradisional yang mempunyai peran dan fungsi strategis. Pada masa sekarang dayah masih terus menerus melakukan peran penting dalam pembinaan moral akhlak anak bangsa dalam kehidupan sehari-hari. Hingga saat ini dayah masih memiliki pengaruh cukup kuat hampir di seluruh kehidupan masyarakat muslim, khususnya di pedesaan. Secara eksistensial, dayah merupakan institusi keagamaan yang tidak mungkin bisa dilepaskan dari masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan. Hal ini karena pesantren tumbuh dan berkembang dari dan untuk masyarakat dengan memposisikan diri sebagai bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat dalam pengertiannya yang transformatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh Dayah Liqaurrahmah terhadap pemahaman keagamaan masyarakat Desa Lieue Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dayah Liqaurrahmah membawa pengaruh besar terhadap pemahaman keagamaan masyarakat dalam bidang Agama, bidang sosial dan bidang pendidikan Dayah Liqaurrahmah membawa pengaruh besar terhadap pembentukan sikap keagamaan masyarakat Desa Lieue dan sekitarnya sampai keluar kota dalam menyelesaikan berbagai masalah kehidupan seperti pembebasan lahan, tanah waqaf, persoalan rumah tangga dan masyarakat sampai persoalan umat terutama dalam menentukan arah kiblat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Masliati Lia
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:52
Last Modified: 29 Sep 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item
View Item