Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Hikayat Prang Sabi Untuk Jihat Fi-Sabilillah

Irfan Maulana, 140401103 (2021) Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Hikayat Prang Sabi Untuk Jihat Fi-Sabilillah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Hikayat Prang Sabi Untuk Jihat Fi-Sabilillah] Text (Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Hikayat Prang Sabi Untuk Jihat Fi-Sabilillah)
Irfan Maulana, 140401103, FDK, KPI, 082166340344.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Teknik Komunikasi Persuasif dalam Hikayat Prang Sabi Untuk Jihat Fi-Sabilillah”. Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu teknik- teknik komunikasi persuasif dalam Hikayat Prang Sabi. Rumusan dalam penelitian ini bagaimana teknik komunikasi persuasif dalam Hikayat Prang Sabi. Jenis penelitian ini deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah studi pustakaan. Adapun teknik analisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hikayat Prang Sabi menggunakan beberapa teknik komunikasi persuasif untuk membuat komunikasi menjadi bermakna terhadap masyarakat Aceh, Pertama, Technique Of Irritation (teknik iritasi), dimana melalui teknik ini, Hikayat Prang Sabi yang di karang oleh Tgk. Chik Pante Kulu memberikan semangat pejuang bagi bangsa Aceh kala itu. Bahkan ketika terjadi konflik vertikal antara Aceh dengan pemerintah pusat. Syair ini sekaligus menjadi inspirator dan semangat orang Aceh untuk melawan penjajahan Belanda. Kedua, Getting Partlal Commitment (mendapatkan komitmen), dimana melalui teknik ini, seluruh masyarakat Aceh saat melakukan peperangan melawan Belanda selalu dilatunkan syair ini. sehingga memberikan semangat yang luar biasa para pejuang Aceh dan menghasilkan kemenangan yang memuaskan, serta semangat yang terus mengebu-gebu dalam perjuangan. Ketiga, Getting an IOU (mendapatkan IOU), Dimana melalui teknik ini, Hikayat Prang Sabi yang di karang oleh Tgk. Chik Pante Kulu memberikan semangat lebih. Bahkan setiap kata yang di tulis dalam Hikayat Prang Sabi ini begitu melekat dalam hati orang Aceh dari dulu hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Irfan Maulana Irfan
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:59
Last Modified: 29 Sep 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23459

Actions (login required)

View Item
View Item