Hubungan Burn-out Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Lembah Seulawah

Fitri Fatimah Zuhra, 170213015 (2021) Hubungan Burn-out Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Lembah Seulawah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Burn-out Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Lembah Seulawah] Text (Hubungan Burn-out Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Lembah Seulawah)
Fitri Fatimah Zuhra, 170213015, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Burn-out akademik adalah suatu kondisi kelelahan emosional, lelah mental dan fisik yang dialami oleh siswa saat proses belajar. Hal ini dialami oleh siswa SMP Negeri 1 Lembah Seulawah, siswa merasa bosan dengan metode belajar yang monoton dan merasa lelah jika harus belajar terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan yang terdapat antara burn-out akademik dengan prestasi belajar di SMP Negeri 1 Lembah Seulawah. Jenis penelitian kuantitatif, menggunakan metode survei dan desain penelitian yang digunakan yaitu desain survei cross sectional. Sampel penelitian 66 siswa, pemilihan teknik menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan nilai prestasi belajar dilihat dari nilai UTS (Ujian Tengah Semester). Pada uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji kolerasi person product moment. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan signifikansi antara burn-out akademik dengan prestasi belajar siswa, besarnya hubungan dilihat dari output data nilai koefisien kolerasi -0,477 dan signifikansi 0,000<0,05 maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Pada nilai rhitung -0,477 < 0,299 rtabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil keputusan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara burn-out akademik dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Lembah seulawah dengan derajat hubungan kolerasi sedang dalam bentuk negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Fitri Fatimah Zuhra
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:07
Last Modified: 29 Sep 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23463

Actions (login required)

View Item
View Item