Efektivitas Pembiayan Perbankan Syariah Dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM (Kajian Atas Skema Pembiayaan Bank Aceh Syariah Dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM Kota Banda Aceh)

Husni Kamal, 29173492 (2021) Efektivitas Pembiayan Perbankan Syariah Dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM (Kajian Atas Skema Pembiayaan Bank Aceh Syariah Dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pembiayan Perbankan Syariah   Dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM (Kajian Atas Skema Pembiayaan Bank Aceh Syariah Dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM Kota Banda Aceh)] Text (Efektivitas Pembiayan Perbankan Syariah Dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM (Kajian Atas Skema Pembiayaan Bank Aceh Syariah Dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM Kota Banda Aceh))
Husni Kamal, 29173492, PS, ES, 085260044133.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pembiayaan pada bank syariah dapat dipahami sebagai pendanaan yang dilakukan untuk mendukung investasi yang telah direncanakan dengan baik guna meningkatkan produktivitas suatu usaha. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana eksistensi dan implementasi pembiayaan bank syariah terhadap UMKM selanjutnya juga ingin mengetahui bagaimana efektivitas pembiayaannya dan melihat apa kendala yang dihadapi perbankan syariah dalam pembiayaan tersebut. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui eksistensi dan implementasi, efektivitas, dan kendala pembiayaan perbankan syariah dalam meningkatkan produktivitas UMKM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, dan metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitut teknik peneltian kepustakaan (library research) dan metode penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian ini adalah keberadaan Bank Aceh Syariah menjadi solusi dari problematika tersedianya modal kerja atau modal usaha khusus bagi para pelaku UMKM, sasaran pembiayaan ini diprioritaskan kepada masyarakat atau pengusaha mikro yang bergerak di semua sektor ekonomi. Pembiayan menjadi kurang efektif karena menurunnya produktifitas usaha disebabkan oleh masa pandemi Covid-19. Kendala yang dihadapi menunjukkan dua hal utama, pertama kendala perspektif internal bank yang bersangkutan dan stakeholders instansi yang relevan, Kedua,hambatan atau kendala dari aspek faktor yang mempengaruhi pembiayaan. Bank Aceh Syariah diharapkan dapat meningkatkan pembinaan kepada nasabah terkait peningkatan produktivitas UMKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Husni Kamal Husni
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:16
Last Modified: 07 Oct 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23466

Actions (login required)

View Item
View Item