Penggunaan Metode Story Telling Dengan Media Kostum Binatang Dalam Mengembangkan Pemahaman Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Cinta Ananda.

Rahmah Tina, 160210048 (2021) Penggunaan Metode Story Telling Dengan Media Kostum Binatang Dalam Mengembangkan Pemahaman Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Cinta Ananda. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Metode Story Telling Dengan Media Kostum Binatang Dalam Mengembangkan Pemahaman Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Cinta Ananda.] Text (Penggunaan Metode Story Telling Dengan Media Kostum Binatang Dalam Mengembangkan Pemahaman Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Cinta Ananda.)
Rahmah Tina, 160210048, FTK, PIAUD, 085296164528.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Story Telling merupakan salah satu metode pengembangan bahasa yang dapat mengembangkan beberapa aspek fisik maupun psikis anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Namun permasalahan yang ditemukan di TK Cinta Ananda permasalahannya adalah masih ada anak yang kesulitan dalam mengekspresikan dirinya dalam berbicara dan menyampaikan informasi yang didapatkan melalui bahasa lisan yaitu anak belum mampu dalam pengucapan kata/huruf, kurang tepat dan kurang lancar dalam mengucap kata, memberi pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Story Telling dengan media kostum binatang dalam mengembangkan pemahaman bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Cinta Ananda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design menggunakan one group pre-test post-test design. Teknik analisis yang digunakan adalah uji paired t yang di uji prasyarat uji normalitas. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B yang berjumlah 23 subjek. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan uji paired t pada signifikan 0,05 dengan thitung 8,353 dan ttabel 2,069 karena 8,353 ≥ 2,069 maka H0 ditolak Ha diterima sehingga terdapat penggunaan metode Story Telling dalam mengembangkan pemahaman bahasa ekspresif anak usia dini di TK Cinta Ananda dapat dikatakan efektif dan berkembang sangat baik karena hasil uji t berpasangan diperoleh p-value (0,000) yang kurang dari taraf signifikansi (0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rahmah Tina Tina
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:41
Last Modified: 03 Oct 2022 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23481

Actions (login required)

View Item
View Item