Pengembangan Media Taman Huruf Hijaiyah Untuk Memperkenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini

Syerlinda, 160210094 (2022) Pengembangan Media Taman Huruf Hijaiyah Untuk Memperkenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Taman Huruf Hijaiyah Untuk Memperkenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini] Text (Pengembangan Media Taman Huruf Hijaiyah Untuk Memperkenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini)
Syerlinda, 160210094, FTK, PIAUD, 082372600805.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Media taman huruf adalah alat bantu dalam pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk memperkenalkan huruf hijaiyah. Permasalahan yang terdapat pada anak usia 4-5 tahun di TPA masih kurangnya minat anak dalam belajar mengenal huruf hijaiyah, karena kurangnya media yang mampu membuat anak tertarik untuk belajar mengenal huruf hijaiyah, sehingga anak mudah bosan pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan media, dan untuk mengembangkan sebuah produk pembelajaran berupa media taman huruf hijaiyah yang dapat mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini. Jenis penelitian yang dipakai yaitu Research and Development dengan pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis kebutuhan dalam membuat media, (2) Design adalah perancangan awal pada media, (3) Pengembangan media serta validasi ahli materi dan media, (4) Uji coba media taman huruf hijaiyah dalam mengenal huruf hijaiyah, dan (5) Evaluasi dan revisi akhir produk terhadap media yang dikembangkan. Kegiatan uji coba produk dilakukan di TPA Gampong Pande dengan jumlah anak 11 orang. Pada kegiatan validasi ahli materi diperoleh hasil presentase sebesar 96,4 dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan validasi ahli media diperoleh hasil presentase sebesar 94,4%. Berdasarkan hasil uji coba produk yang dilakukan di TPA Gampong Pande dapat disimpulkan bahwa media taman huruf hijaiyah untuk memperkenalkan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun “Layak” digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Syerlinda Syerlinda
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:46
Last Modified: 03 Oct 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23484

Actions (login required)

View Item
View Item