Kebijakan Restorasi Bahan Pustaka Di Perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon

Nisa Ulandari, 170503022 (2022) Kebijakan Restorasi Bahan Pustaka Di Perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Kebijakan Restorasi Bahan Pustaka Di Perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon] Text (Kebijakan Restorasi Bahan Pustaka Di Perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon)
Nisa Ulandari, 170503022, FAH, IP, 082282432029.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kebijakan Restorasi Bahan Pustaka di Perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan tentang restorasi bahan pustaka yang dijalankan pada Perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari 1 orang kepala Perpustakaan, dan 2 orang pustakawan. Kebijakan restorasi bahan pustaka yang ada pada perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon yaitu melakukan kegiatan preservasi (pelestarian), melakukan kegiatan konservasi/perlindungan dan pengawetan, serta melakukan kegiatan restorasi (perbaikan) pada tiap bahan pustaka yang sudah mengalami keusakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan restorasi bahan pustaka yang diterapkan pada perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon sudah dilakukan, namun proses pengerjaanya belum dilakukan secara maksimal dan belum sesuai dengan prosedur kebijakan yang ada. Proses kegiatan restorasi yang dilakukan di perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon antara lain yaitu : melakukan penjilidan, penyampulan, dan penyiangan terhadap bahan pustaka yang sudah mengalami kerusakan. Adapun faktor hambatan yang tejadi seperti fasilitas yang masih kurang memadai sehingga membuat para pustakawan merasa kesulitan pada saat melaksanakan proses kegiatan restorasi bahan pustaka tersebut, kurangnya staf pada bagian pelestarian bahan pustaka, kurangnya pemahaman staf dalam mengelola bahan pustaka yang rusak dan minimnya sarana dan prasarana sehingga dapat menghambat proses pelaksanaan restorasi bahan pustaka di perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nisa Ulandari
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:55
Last Modified: 03 Oct 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23491

Actions (login required)

View Item
View Item