Analisis Peran Program Bantuan Modal Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Kepada Keluarga Rentan Oleh Dinas Social Menurut Perspektif Ekonomi Islam. (Studi Pada Pedagang Kecil di Desa Blang Rakal Kabupaten Bener Meriah)

Monica Febrina, 170602081 (2022) Analisis Peran Program Bantuan Modal Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Kepada Keluarga Rentan Oleh Dinas Social Menurut Perspektif Ekonomi Islam. (Studi Pada Pedagang Kecil di Desa Blang Rakal Kabupaten Bener Meriah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Bantuan Modal Usaha] Text (Bantuan Modal Usaha)
Monica Febrina, 170602081, FEBI, ES, 082272793867.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kemiskinan adalah keadaan sosial ekonomi seseorang atau sekelompok orang yang hak dasarnya tidak terpenuhi untuk memelihara dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat. Upaya pengentasan kemiskinan dilakukan melalui berbagai program daerah, salah satunya adalah bantuan sosial Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada keluarga rentan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran program bantuan modal UEP dalam pelaksanaan dan pemberdayaannya kepada masyarakat penerima bantuan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan objek pada penelitian ini yaitu pedagang kecil di desa blang Rakal, Kabupaten Bener Meriah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui pendampingan Usaha Ekonomi Produktif oleh Dinas Sosial Provinsi Aceh di Desa Blang Rakal, Kabupaten Bener Meriah Tahun 2020, pelaksanaannya sudah berjalan cukup optimal. Namun demikian masih ada hal-hal yang harus diperbaiki kedepannya. Pemberdayaan melalui program UEP oleh Dinas Sosial berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan dalam perspektif ekonomi Islam. Karena dengan silaturrahmi yang baik maka akan tercipta hati yang tentram dan damai sesuai dengan fitrah kesejahteraan dalam agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Monica Febrina Monica
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:06
Last Modified: 03 Oct 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23496

Actions (login required)

View Item
View Item