Peran Guru dalam Penerapan Disiplin pada Anak di TK Sepakat Simpang Semadam Aceh Tenggara

Sri Rejeki, 150210056 (2022) Peran Guru dalam Penerapan Disiplin pada Anak di TK Sepakat Simpang Semadam Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Guru dalam Penerapan Disiplin pada Anak di TK Sepakat Simpang Semadam Aceh Tenggara] Text (Peran Guru dalam Penerapan Disiplin pada Anak di TK Sepakat Simpang Semadam Aceh Tenggara)
Sri Rejeki, 150210056, FTK, PIAUD, 082304728542.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Peran guru ialah sebagai model, perencana, pemimpin, penunjuk jalan terhadap anak. Disiplin ialah tanggungjawab seseorang dalam melakukan sesuatu dengan tingkah laku yang baik. Permasalahan yang ditemukan di lapangan masih ada guru yang bisa menerapkan disiplin ada yang tidak. Rumusan penelitian ini bagaimana peran guru dalam menerapkan disiplin pada anak dan kendala yang dihadapi guru TK Sepakat Simpang Semadam Aceh Tenggara. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peran dan kendala guru dalam penerapan disiplin. Jenis penelitia. Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian di dapat bahwa peran guru di TK Sepakat Simpang Semadam, guru sebagai model, datang ke sekolah tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, hal ini guru sudah maksimal dalam menerapkan disiplin dengan baik diterapkan terhadap anak. Namun guru sebagai perencana, pemimpin, penunjuk jalan kepada anak, dalam hal mempersiapkan alat pembelajaran, mengontrol menerapkan disiplin, menerapkan tanya jawab, meletakkan sepatu di rak sepatu, menerapkan disiplin ketika ke kamar mandi dan mengarahkan anak ketika berwudhu, dalam hal ini masih ada guru yang belum maksimal dalam menerapkan disiplin. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan disiplin pada anak ialah tidak singkronnya antara pendidikan yang diberikan oleh guru di sekolah dan penerapan yang dilakukan orangtua dirumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sri Rejeki Sri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:14
Last Modified: 03 Oct 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23499

Actions (login required)

View Item
View Item