Identifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Perkarangan Sekolah SMAN 1 Suro Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Plantae Kelas X

Alma Milenia, 180207100 (2022) Identifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Perkarangan Sekolah SMAN 1 Suro Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Plantae Kelas X. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Perkarangan Sekolah Sman 1 Suro Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Plantae Kelas X] Text (Identifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Perkarangan Sekolah Sman 1 Suro Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Plantae Kelas X)
Alma Milenia, 180207100, FTK, PBL, 085763503896.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pengetahuan siswa terkait tumbuhan paku (pteridophyta) tergolong minim, hal ini dikarenakan belum adanya pemanfaatan perkarangan sekolah sebagai media pembelajaran alami. Penelitian ini penting dilaksanakan untuk memperoleh data yang dapat digunakan dalam penyusunan media pembelajaran dalam bentuk buku ajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan jenis-jenis tumbuhan paku yang terdapat pada pekarangan sekolah SMAN1 Suro, (2) Untuk mengetahui hasil uji kelayakan media pembelajaran dari hasil penelitian identifikasi pekarangan sekolah, dan (3) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap hasil penelitian identifikasi pekarangan sekolah sebagai referensi tambahan materi plantae. Penelitian ini dilakukan di perkarangan sekolah SMAN 1suro. Metode penelitian ini yaitu survey eksploratif dengan cara melakukan observasi langsung pada lokasi dan objek pengamatan. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil uji kelakayan dan respon siswa dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus uji kelayakan. Hasil penelitian didapatkan 19 jenis tumbuhan paku(pteridophyta) dengan 12 famili. Pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk buku ajar sebagai referensi tambahan pembelajaran kingdom plantae. Hasil uji kelayakan terhadap buku ajar diperoleh skor 84,53% dengan kategori sangat layak direkomendasikan sebagai salah stu referensi tambahan yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Respon siswa terhadap buku ajar tergolong dalam kategori sangat layak, dengan nilai persentase 95,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Alma Milenia Alma
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:14
Last Modified: 03 Oct 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23500

Actions (login required)

View Item
View Item