Efektifitas Penerapan Metode Qiyasiyah Dengan Media Papan Flanel Dan Metode Herbart Dengan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Tarkib Jumal.

Eva Mulia Fitri, 191004010 (2022) Efektifitas Penerapan Metode Qiyasiyah Dengan Media Papan Flanel Dan Metode Herbart Dengan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Tarkib Jumal. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektifitas Penerapan Metode qiyasiyah dengan media papan flanel dan metode herbart dengan media big book untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran tarkib jumal.] Text (Efektifitas Penerapan Metode qiyasiyah dengan media papan flanel dan metode herbart dengan media big book untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran tarkib jumal.)
Eva Mulia Fitri, 191004010, PS, PBA, 082247279518 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti ketika proses belajar mengajar di MAN 7 Pidie diketahui bahwa gurunya lebih aktif dari pada siswa, dan sebagian siswa merasa bosan dan kurangnya aktivitas selama proses pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan siswa mereka merasa kesulitan belajar bahasa arab termasuk materi tarkib. Sebagian siswa juga mengakui bahwa mereka kesulitan dalam memahami perbedaan kalimat dan bingung membedakan antara jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah. Akibatnya juga mereka tidak paham cara mengi’rab dengan benar. Berdasarkan pengalaman guru, kemampuan siswa sangat kurang dalam menguasai pembelajaran qawaid yang diberikan, hal ini dapat dilihat dari jawaban tugas qawaid yang diberikan. Adapun materi yang telah diajarkan, ketika ditanya kembali mereka tidak mengingatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode qiyasiyah dengan media papan flanel, metode Herbart dengan media Big Book, juga Penerapan metode Qiyasiyah dengan media Big Book, serta penerapan metode Herbart dengan media Papan flanel untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pembelajaran tarkib jumal. Metode penelitian pada thesis ini adalah metode eksperiment dengan desain faktorial (The 2X2 Factorial desaig). Untuk mengumpulkan data sampel yang diambil adalah oleh peneliti siswa kelas 1 MAN 7 pidie dengan metode ujian post test. Kesimpulannya adalah penerapan metode qiyasiah dengan media papan flanel tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran tarkib jumal, dibuktikan dengan nilai T hitung < T tabel, 0, 316<1,73. Adapaun penerapan metode herbart dengan media Big Book sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran tarkib jumal, dibuktikan dengan nilai T hitung > T tabel, 2,354 <1,73. Sedangkan penerapan metode Qiyasiyah dengan media Big Book juga sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran tarkib jumal, dibuktikan dengan nilai T hitung > T tabel, 4,305 <1,73. Dan penerapan metode Herbart dengan media papan flanel juga efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran tarkib jumal, dibuktikan dengan nilai T hitung > T tabel, 2,265 <1,73.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eva Mulia Fitri Eva
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:04
Last Modified: 04 Oct 2022 07:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23503

Actions (login required)

View Item
View Item