Pemahaman Masyarakat Gampong Lapang Kabupaten Aceh Barat terhadap Qada dan Fidiah Puasa dalam Alquran

Oka Ridayani, 170303055 (2022) Pemahaman Masyarakat Gampong Lapang Kabupaten Aceh Barat terhadap Qada dan Fidiah Puasa dalam Alquran. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of pemahaman masyarakat terhadap qada dan fidiah puasa dalam Alquran] Text (pemahaman masyarakat terhadap qada dan fidiah puasa dalam Alquran)
up repositori Oka Ridayani, 170303055, FUF, IAT,.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Mekanisme qada dan fidiah puasa telah diatur dalam Alquran, hadis dan pendapat Ulama. Mukalaf harus memahami dan mempraktikan dengan benar sesuai ketentuannya. Masyarakat Gampong Lapang ada yang memahami bahwa qada hanya berlaku bagi orang tua dan orang sakit tanpa membedakan parah atau tidaknya, qada yang berselang tahun harus digandakan jumlah harinya, sedangkan fidiah hanya berlaku bagi orang tua. Kesenjangan pemahaman masyarakat Gampong Lapang dengan penjelasan qada dan fidiah dalam Alquran bahwa qada diwajibkan bagi semua mukalaf yang meninggalkan puasa, dan ganti sesuai dengan hari yang ditinggalkan disertai fidiah bagi kondisi tertentu. kesalahpahaman seharusnya tidak terjadi karena Gampong Lapang memiliki pengajian yang aktif. Penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan studi lapangan (field research). Data diperoleh melakukan observasi, wawancara mendalam bersama 23 masyarakat Gampong Lapang, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif analitis untuk menjelaskan suatu fenomena fenomena atau keadaan yang terjadi. Hasil Penelitian menunjukan sebagian kecil masyarakat telah memahami, qada dan fidiah dengan benar sesuai penjelasan QS Albaqarah 184 dan 185. Masyarakat masih banyak yang salah dalam memahami makna, mekanisme pelaksanaan serta indikator dan jenis rukhsah qada dan fidiah puasa yang dijelaskan dalam Alquran, Hadis dan pendapat Ulama.
Kata Kunci: Pemahaman, Qada, Fidiah, Puasa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Oka ridayani Yahya
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:52
Last Modified: 06 Oct 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23543

Actions (login required)

View Item
View Item