Konsep Upaya Pengembangan Wisata Islam Pantai Kuthang di Pemerintahan Gampong Sagoe Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya

Fitria Nufus, 170305095 (2022) Konsep Upaya Pengembangan Wisata Islam Pantai Kuthang di Pemerintahan Gampong Sagoe Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Wisata Islam] Text (Wisata Islam)
Fitria Nufus, 170305095, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Konsep upaya pengembangan wisata Islami Pantai Kuthang adalah suatu pengembangan dari wisata untuk meningkatnya minat atau kunjungan agar terus maju. Namun dengan adanya konsep dan upaya untuk wisata ini, untuk berekreasi dalam mengembangkan wisata Islami. Konsep wisata Islami merupakan konsep kegiatan Keislaman dengan nilai halal dan haram, karena menyesuaikan kehidupan masyarakatnya. Tujuan penelitian ini untuk melihat perkembangan konsep dan upaya di wisata Islami pantai Kuthang di dalam masyarakat dan dapat menyesuaikan kegiatan keislaman di lingkungan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif yang berbentuk destriptif dan termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber yang terdiri dari Imam Mesjid, Masyarakat dan pengunjung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, upaya dalam pengembangkan wisata ini masih kurang karena tidak ada peningkatan dalam mengembangkan wisata lebih baik. Kemudian tokoh agama menjadi sebagai panutan dalam masyarakatnya untuk membentuk masyarakat yang peduli dengan masalah yang terjadi di Gampong Sagoe apalagi wisata Islami Pantai Kuthang adalah tempat umum yang banyak dikunjungi dari berbagai kalangan wisatawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Fitria Nufus Nufus
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:07
Last Modified: 06 Oct 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23558

Actions (login required)

View Item
View Item