Tantangan Perempuan Pengemudi Ojek Online (Studi Tentang Perempuan Pengemudi Komunitas Ojek Akhwat Syiah Kuala di Banda Aceh)

Lidalistijar, 170305097 (2022) Tantangan Perempuan Pengemudi Ojek Online (Studi Tentang Perempuan Pengemudi Komunitas Ojek Akhwat Syiah Kuala di Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Komunitas Ojek] Text (Komunitas Ojek)
Lidalistijar, 170305097, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Saat ini sangat banyak perkembangan alat transportasi online di Indonesia. Salah satunya di Kota Banda Aceh ada sebuah komunitas ojek online perempuan yaitu Komunitas Ojek Akhwat Syiah Kuala atau bisa disingkat dengan koala. Komunitas ojek online ini sesuai dengan namanya yang hanya melayani kebutuhan perempuan saja, komunitas ini memiliki beberapa layanan seperti koala motor, koala mobil koala belanja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui latar belakang berdirinya komunitas koala, tantangan yang dihadapi pengemudi ojek akhwat syiah kuala dan melihat bagaimana tanggapan masyarakat terhadap keberadaan komunitas ojek akhwat syiah kuala.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara dan observasi. Narasumbernya terdiri dari aparatur desa, tokoh perempuan, founder komunitas koala dan driver dari ojek akhwat syiah kuala itu sendiri.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa latar belakang berdiri komunitas ojek akhwat syiah kuala awalnya karena melihat kebutuhan perempuan akan transportasi online yang aman dan nyaman. Kemudian ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh pengmudi ojek akhwat syiah kuala baik tantangan internal maupun tantangan yang sifatnya eksternal. Masyarakat menanggapi positif mengenai keberadaan komunitas ojek akhwat syiah kuala.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Lidalistijar Lida
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:06
Last Modified: 06 Oct 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23559

Actions (login required)

View Item
View Item