Dampak Kebijakan Relokasi Pasar Tradisional Peunayong terhadap Pendapatan Pedagang Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pasar Al-Mahirah Kota Banda Aceh)

Cut Fitri Yani, 190602336 (2021) Dampak Kebijakan Relokasi Pasar Tradisional Peunayong terhadap Pendapatan Pedagang Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pasar Al-Mahirah Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pendapatan Pedagang] Text (Pendapatan Pedagang)
Cut Fitri Yani, 190602336, FEBI, ES, 082353796718.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kebijakan relokasi Pasar Al-Mahirah Lamdingin dari sebelumnya di Pasar Peunayong Kuta Alam Banda Aceh memiliki maksud untuk menata kota dan menumbuhkan titik perekonomian baru. Namun, relokasi tersebut memunculkan kendala dan dampak negatif bagi pedagang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kendala yang dihadapi oleh para pedagang pasca relokasi dan bagaimana dampak terhadap pendapatan pedagang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deksriptif-analisis. Adapun hasil penelitian ini bahwa ada dua kendala yang secara langsung dirasakan pedagang terhadap kebijakan relokasi pasar, yaitu kendala akses dan biaya transportasi yang relatif jauh dan mahal, serta kendala biaya lapak (retribusi) dan biaya lainnya seperti kutipan harian dan kebersihan. Kebijakan pemerintah terhadap relokasi Pasar Peunayong ke Pasar Al-Mahirah menyisakan dampak negatif yaitu pendapatan para pedagang menurun. Penurunan hasil pendapatan pedagang ini pada 7 (tujuh) sektor, yaitu pedagang sayur-mayur, buah-buahan, rempah-rempah, sembako, pedagang kelontong, pedagang daging sapi dan pedagang daging ayam. Untuk itu, pemerintah Kota Banda Aceh perlu melakukan pengawasan secara kontinu, kemudian mengkaji biaya yang dibebankan kepada para pedagang, dan kemudahan akses realisasi transportasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Cut Fitri Yani Cut
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:48
Last Modified: 07 Oct 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23570

Actions (login required)

View Item
View Item