Tradisi Tulak Palong Dalam Masyarakat Layeun Aceh Besar Kajian Nilai Sosial Dan Makna Simbolik

Andra Natasya, 170501013 (2022) Tradisi Tulak Palong Dalam Masyarakat Layeun Aceh Besar Kajian Nilai Sosial Dan Makna Simbolik. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tradisi Tulak Palong Dalam Masyarakat Layeun Aceh Besar Kajian Nilai  Sosial Dan Makna Simbolik] Text (Tradisi Tulak Palong Dalam Masyarakat Layeun Aceh Besar Kajian Nilai Sosial Dan Makna Simbolik)
Andra Natasya, 170501013, FAH, SKI, 085275204359.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai “Tradisi Tulak Palong dalam Masyarakat Layeun Aceh Besar Kajian Nilai Sosial dan Makna Simbolik”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejarah, tujuan pelaksanaan, nilai sosial dan makna simbolik dalam Tulak palong. Penelitian ini dilakukan di Gampong Layeun Kec. Leupung Kab. Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu Panglima Laot, Pawang Laot, Nelayan, dan masyarakat setempat. Setelah dilakukan penelitian, maka ditemukan fakta bahwa tulak palong menjadi sebuah tradisi di Gampong Layeun. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 1970 dan masih berlangsung sampai sekarang. Tujuan pelaksanaan Tulak Palong adalah untuk mencari nafkah, proses tulak (menolak) hanya dilakukan saat pertama kali ketika palong berlayar, selanjutnya palong akan terus berada di laut hingga palong tersebut perlu direnovasi, biasanya mencapai waktu 2 sampai 5 tahun. Dalam pelaksanaan tulak palong terdapat nilai sosial seperti bekerjasama, saling tolong menolong dan peduli terhadap orang lain. Selain nilai sosial, dalam proses tulak palong juga terdapat makna simbolik seperti, keindahan dalam mendekorasi palong, persaudaraan antar sesama masyarakat dan nelayan, peusijuk dan kenduri. Makna simbolik adalah suatu kegiatan yang memiliki makna dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Andra Andra Natasya
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:11
Last Modified: 07 Oct 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23573

Actions (login required)

View Item
View Item