Pengaruh Strategi Direct Listening Thinking Activity (DLTA) Dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Di Kelas V MIN 3 Banda Aceh

Dea Adinda, 180209092 (2022) Pengaruh Strategi Direct Listening Thinking Activity (DLTA) Dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Di Kelas V MIN 3 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Direct Listening Thinking Activity] Text (Direct Listening Thinking Activity)
Dea Adinda, 180209092, FTK, PGMI, 089517141656.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan selama observasi yaitu menunjukkan bahwasanya kurangnya variasi yang menarik selain itu siswa kurangnya perhatian saat guru menjelaskan materi pembelajaran ketika pada saat guru mengajukan pertanyaan siswa tidak mampu mengungkapkan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan bahasa yang baik dan benar. Hal ini dapat menunjukkan kurangnya menyimak siswa dalam kegiatan belajar dimana indikator keterampilan menyimak memiliki 3 aspek yaitu aspek mengingat ketika memperhatikan informasi yang disampaikan oleh gurunya, kedua aspek menilai dimana siswa harus mampu mengetahui gagasan disetiap paragraf dan aspek yang keterakhir yaitu aspek menanggapi dimana siswa harus mengetahui kesimpulan materi yang telah dilaksanakan. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Exsperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Subjek penelitian yaitu kelas Va dan Vb MIN 3 Banda Aceh. Adapun teknik pengumpulan yaitu soal tes pretest dan posttest yang berjumlah 20 soal beserta dokumentasi. Kemudian pembuktian hasil data yang dilakukan menggunakannya uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (Uji-T), dan uji N-Gain. Perolehan hasil analisis data pada uji normalitas memperoleh berdistribusi normal dengan nilai Sig. 0,125 > 0,05. Selanjutnya hasil uji dari homogenitas penelitian berasal dari varians populasi homogen karena memiliki nilai levene statistic Sig. 0,698 > 0,05. Selanjutnya pada uji-t dengan menggunakan uji Independet Sample t-test dengan perolehan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,025. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil analisis peningkatan keterampilan menyimak siswa dengan menggunakan media audio visual memperoleh dengan hasil rata-rata kelas eksperimen termasuk kedalam kategori cukup efektif sebesar 69,87 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 55,67 kurang efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dea Adinda Dea
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:29
Last Modified: 10 Oct 2022 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23580

Actions (login required)

View Item
View Item