Supervisi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya

Darul Fitria, 180206034 (2022) Supervisi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Supervisi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya] Text (Supervisi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya)
Darul Fitria, 180206034, FTK, MPI, 082273643581.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Supervisi kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru merupakan salah satu peran kepala sekolah yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam mengawasi, membimbing dan membina guru untuk mengembangkan profesionalismenya. Karena terdapat beberapa orang guru yang belum meningkatkan kinerjanya dalam penguasaan materi, tanggung jawab, mempunyai jiwa kreatif dan produktif, mengajar tidak sesuai dengan kompetensi, belum mengoptimalkan ilmu teknologi (IT) dan alat peraga lainnya untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu kegiatan supervisi sangat penting untuk dilakukan. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi supervisi kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya, untuk mengetahui tata pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya, dan untuk mengetahui hambatan supervisi kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan empat orang guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi supervisi kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya antara lain: (1) Meningkatkan kemampuan mengajar guru dengan mengadakan rapat, diskusi, observasi kelas serta percakapan pribadi dengan guru yang bersangkutan; (2) Mengikutsertakan guru dalam seminar dan pelatihan guna melihat perkembangan dari guru yang bersangkutan; (3) Melaksanakan supervisi secara rutin setiap tahun; (4) Dorongan dan motivasi kepada guru agar guru antusias dalam setiap proses pengembangan profesionalismenya. Kedua, Tata pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya antara lain: (1) Supervisi dilakukan 2 kali dalam satu tahun; (2) Jenis supervisi yang digunakan adalah supervisi akademik dan supervisi klinis; (3) Teknik yang digunakan adalah teknik rapat dengan guru, diskusi, observasi kelas dan percakapan pribadi dengan guru yang bersangkutan yang dipanggil ke ruangan kepala sekolah; (4) Kepala sekolah mempersiapkan angket, catatan khusus untuk mengsupervisi guru. Ketiga, Hambatan supervisi kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya antara lain: (1) Disiplin waktu; (2) Tanggung jawab; (3) Sarana dan prasarana yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Darul Fitria
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:35
Last Modified: 10 Oct 2022 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23583

Actions (login required)

View Item
View Item