Dampak Korean Wave Terhadap Perilaku Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi

Hilmawati, 160402021 (2022) Dampak Korean Wave Terhadap Perilaku Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Dampak Korean Wave Terhadap Perilaku Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi] Text (Dampak Korean Wave Terhadap Perilaku Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi)
Hilmawati, 160402021, FDK, BKI, 082364993936.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Korean wave menjadi hal yang digemari mahasiswa saat ini, dengan tayangan-tayangan yang sangat menarik seperti drama korea, K-pop, reality show. Namun Motif mahasiswa dalam menonton tayangan Korea hanya untuk mengisi waktu luang dan sebagai hiburan untuk menghilangkan kejenuhan, namun pada kenyataannya sebagian besar dari mereka menonton tayangan Korea dijadikan sebagai kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-harinya. Minat mereka pada tayangan Korea ini yang kadang secara berlebihan tentunya akan berdampak terhadap perilaku belajar. Berdasarkan latar belakang masalah ini peneliti tertarik untuk membahas lebih dalam dengan tujuan umumnya adalah untuk mengetahui dampak korean wave apa yang paling sering di tonton oleh mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, pada jam-jam berapa paling dominan mahasiswa menonton tayangan korean wave, dan aktifitas kuliah selama menonton tayangan korean wave. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif analisis, jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengambilan sampel penulis menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah (11) responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menonton tayangan Korean wave mengakibatkan mereka sering menunda-nunda tugas kuliah serta mengabaikan tugas kuliah dan menghabiskan waktu untuk menonton tayangan korean wave 5 sampai 8 jam dalam sehari sehingga menggangu aktifitas belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hilmawati Hilmawati
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:53
Last Modified: 10 Oct 2022 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23589

Actions (login required)

View Item
View Item