Penyelesaian Wanprestasi pada Tunggakan Pembayaran Cicilan PT. Astra Credit Companies Syariah Kota Banda Aceh dalam Perspektif Akad Murabahah

Safira Andriana Morika, 180102156 (2022) Penyelesaian Wanprestasi pada Tunggakan Pembayaran Cicilan PT. Astra Credit Companies Syariah Kota Banda Aceh dalam Perspektif Akad Murabahah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Akad Murabahah] Text (Akad Murabahah)
Safira Andriana Morika, 180102156, FSH, HES, 085296937466.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pembiayaan murabahah merupakan fasilitas yang diberikan oleh PT Astra Credit Companies Syariah guna memberikan pelayanan kepada nasabah. Murabahah diminati karena proses dan pelaksanaannya yang relatif mudah dan cepat. Namun terkadang pemberian fasilitas pembiayaan tersebut menimbulkan nasabah wanprestasi yang menyebabkan pembiayaan tersebut menjadi bermasalah, seperti telat membayar cicilan dan usaha macet sehingga harus dilakukan pertimbangan-pertimbangan sebelum memutuskan suatu pembiayaan. Penelitian ini menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana Bentuk-bentuk wanprestasi yang terjadi pada PT Astra Credit Companies Syariah Cabang Banda Aceh, upaya yang dilakukan oleh manajemen PT Astra Credit Companies Syariah dalam menyelesaikan wanprestasi yang dilakukan oleh pihak nasabah debitur dan tinjauan akad murabahah terhadap penyelesaian wanprestasi yang dilakukan oleh konsumen PT Astra Credit Companies Syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yang meliputi penguraian, penafsiran dan analisis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya wanprestasi dikarenakan nasabah mengalami faktor ekonomi yang semakin merosot dan usaha macet hal ini menyebabkan pendapatan nasabah tidak mampu lagi menutupi kewajiban nasabah untuk membayar tagihannya serta permasalahan internal nasabah yang dapat mempengaruhi penunggakan nasabah. Penyelesaian wanprestasi yang dilakukan oleh PT Astra Credit Companies Syariah berupa sanksi denda harian, mingguan, dan bulanan yang harus dibayar sekaligus dengan cicilan pengembalian pembiayaan murabahah. Penetapan denda di dalam pandangan akad murabahah diperbolehkan, asalkan nominal denda yang wajar dan tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Safira Andriana Morika Fira
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:06
Last Modified: 12 Oct 2022 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23611

Actions (login required)

View Item
View Item