Pinsip-prinsip Layanan Konseling Lintas Budaya Menurut Al-Qur'an Surat Al Hujurat Ayat 13

Eka Amaranggana, 170402118 (2022) Pinsip-prinsip Layanan Konseling Lintas Budaya Menurut Al-Qur'an Surat Al Hujurat Ayat 13. Other thesis, Universitas Islam Negri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Prinsip-prinsip Layanan Konseling Lintas Budaya Menurut Al-Qur'an Surah All Hujurat Ayat 13] Text (Prinsip-prinsip Layanan Konseling Lintas Budaya Menurut Al-Qur'an Surah All Hujurat Ayat 13)
Jurnal _Eka Amaranggana AS, 170402118,.pdf

Download (671kB)

Abstract

Konseling lintas budaya menjadi salah satu cara dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Konseling lintas budaya sudah pasti mempertemukan budaya dari kedua belah pihak baik dari sisi konselor ataupun dari sisi konseli. Penelitian ini didasari karena mengingat masih banyak masyarakat yang mebatasi sesuatu dengan berdalih berbeda budaya atau pun berbeda bahasa maka dari itu penilitian ini dilakukan agar layanan konseling lintas budaya dapat diterapkan dalam masyarakat sehingga tidak ada lagi diskriminasi tentang perbedaan bahasa, ras, warna, suku, tradisi maupun budaya. Berdasarkan latar belakang tersebutlah penelitian ini yang berjudul "Prinsip-Prinsip Layanan Konseling Lintas Budaya Menurut Al- Qur'an Surat Al-Hujuraat Ayat 13" dilakukan. Adapun tujuan dari penilitian ini agar dapat melihat bagaimana keterkaitan konseling lintas budaya dalam Al-Qur'an surat Al-Hujuraat ayat 13. Metode penelitian yang di gunakan adalah content analysis atau analisis isi, sering disebut penelitian kepustakaan (Library research), sumber data penelitian atau pengumpulan data diambil dari Al-qur‟an, tafsir, hadist, jurnal dan buku-buku yang berkaitan. Hasil dari analisis data penelitian adalah Surat Al Hujurat Ayat 13 menjelaskan tidak ada perbedaan antara satu suku dengan yang lainnya dan tidak adapula perbedaan antara warna kulit satu dan lainnya sesungguhnya yang paling mulia disis Allah ialah orang yang bertakwa. Penelitian ini juga menjelskan bahwa prinsip prinsip layanan konseling lintas budaya saling berkaitan dengan Al-Qur'an surat al-Hujuraat ayat 13 dimana proses konseling yang melibatkan konselor dan konseli dari latar belakang budaya yang berbeda untuk saling mengenal kemudian menarik pelajaran dan pengalaman tanpa membeda-bedakan garis keturunan, pangkat dan derajat sosial atas kekuasan. kecantikan ketampanan, dan harta kekayaan guna meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Eka Amaranggana As
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:38
Last Modified: 11 Oct 2022 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23614

Actions (login required)

View Item
View Item